Text
SKRIPSI PEMATUHAN DAN PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM NOVEL RASA KARYA TERE LIYE DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MATERI AJAR TEKS DEBAT KELAS X DI SMA
ABSTRAK
Amanda, Aureliya. 2024. “Pematuhan dan Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalamNovel Rasa Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Materi AjarTeks Debat Kelas X di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasadan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UniversitasTidar. Pembimbing I Dr. Mursia Ekawati, M.Hum., Pembimbing II IrsyadiShalima, S.S., M.A.Penelitian ini dilatarbelakangi karena di dalam novel Rasa karya Tere Liye banyakditemukan tuturan dialog antartokoh yang mematuhi dan melanggar prinsip kerjasama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan bentukpematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama dalam dialog antartokoh novel Rasakarya Tere Liye.Deskriptif kualitatif merupakan metode yang dianggap cocok digunakandalam penelitian ini karena data yang dipaparkan berupa tuturan dialog antartokohyang terdapat dalam novel Rasa karya Tere Liye. Metode pengumpulan data padapenelitian ini adalah metode simak dan catat. Adapun metode analisis yangdigunakan yaitu metode padan dan teknik dasar pilah unsur penentu (PUP).Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat (40) data data bentuk pematuhan danpelanggaran prinsip kerja Grice. Terdapat (20) data bentuk pematuhan prinsip kerjasama yaitu, (5) data bentuk pematuhan maksim kuantitas, (5) data bentukpematuhan maksim kualitas, (5) data bentuk pematuhan maksim relevansi, dan (5)data bentuk pematuhan maksim pelaksanaan/cara, serta terdapat (20) data bentukpelanggaran prinsip kerja sama yaitu, (5) data bentuk pelanggaran maksimkuantitas, (5) data bentuk pelanggaran maksim kualitas, (4) data bentukpelanggaran maksim relevansi dan (6) data bentuk pelanggaran maksimpelaksanaan/cara. Berdasarkan data yang dipaparkan, dapat disimpulkan novelRasa karya Tere Liye ditemukan pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja samayang berpotensi diimplementasikan dalam materi teks debat bahasa Indonesia kelasX di SMA pada kompetensi dasar 3.12 Menghubungkan permasalahan/isu, sudutpandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukanesensi dari debat. 4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang danargumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkanesensi dari debat.
Kata kunci : materi ajar, novel, pelanggaran, pematuhan, prinsip kerja sama.
52-UN57..U1- SIN-VII-2024 | INDONESIA AMA P 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain