Text
SKRIPSI ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA POSTINGAN GRUP FACEBOOK DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR MENULIS TEKS IKLAN
ABSTRAK
Fayyaadh, Aldino Dzaki. 2024. “Alih Kode dan Campur Kode pada Postingan GrupFacebook dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Menulis Teks IklanProgram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mursia Ekawati,M.Hum., Pembimbing II Irsyadi Shalima, S.S., MA.Penelitian berjudul “Alih Kode dan Campur Kode pada Postingan GrupFacebook dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Menulis Teks Iklan”dilatarbelakangi adanya fenomena bilingual dan multilingual di masyarakat. Fenomenabilingual dan multilingual tersebut kemudian menghasilkan alih kode dan campur kodepada postingan grup Facebook “Info Sekitar Salaman. Anggota grup Facebook tersebutmayoritas adalah masyarakat suku Jawa yang berkomunikasi menggunakan bahasaJawa beserta bahasa Indonesia dan sedikit penggunaan bahasa asing. Fenomena alihkode dan campur kode memiliki bermacam bentuk, sehingga diperlukan penelitiandengan menggunakan kajian sosiolinguistik. Penelitian bertujuan untukmendeskripsikan wujud alih kode dan campur kode pada grup Facebook "Info SekitarSalaman". Penelitian ini berjenis kualitatif dengan tipe deskriptif. Objek penelitian iniadalah alih kode dan campur kode pada grup Facebook “Info Sekitar Salaman” denganwujud data berupa tuturan tertulis postingan grup Facebook “Info Sekitar Salaman”.Metode dan Teknik penyediaan data menggunakan metode simak atau baca denganteknik penyediaan data adalah teknik dokumentasi dan teknik catat. Metode analisisdata menggunakan metode padan referensial dengan teknik analisis data adalah teknikpilah unsur penentu (PUP) dilanjutkan dengan teknik hubung banding menyamakan(HBS). Hasil penelitian ini ditemukan wujud alih kode dan campur kode pada grupFacebook “Info Sekitar Salaman”. Wujud alih kode dan campur kode yang ditemukanberupa alih kode internal, campur kode dengan bahasa daerah, campur kode tingkattutur, dan campur kode dengan bahasa asing. Alih kode dan campur kode yangditemukan berasal dari bahasa Jawa, tingkat tutur bahasa Jawa, bahasa Inggris, danbahasa Arab. Hasil penelitian ini kemudian diimplementasikan sebagai bahan ajarmateri Bahasa Indonesis yaitu teks iklan untuk kelas 8 SMP.
Kata kunci: alih kode, campur kode, facebook, sosiolinguistik.
45-UN57.U1-SIN-VI-2024 | INDONESIA FAY A 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain