Text
SKRIPSI KORELASI PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MAGELANG
ABSTRAK
Aisya, Nahda. 2010301124. 2024. “Korelasi Penguasaan Kosakata DenganKemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13Magelang”. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing IDr. Hari Wahyono, M.Pd., Pembimbing II Ayu Wulandari,S.Pd.,M.Pd.Kemampuan menulis adalah satu dari faktor yang menjadi penentu keberhasilansiswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Keterampilan menulismemerlukan kosakata yang sesuai agar orang lain dapat mengetahui maksud daritulisannya. Penguasaan kosakata yang luas dapat memudahkan siswa untukmengungkapkan kata dalam menulis. Menulis puisi memerlukan pemilihan katakata yang sesuai agar pembaca mengerti makna dalam puisi. Dengan adanya haltersebut, perlu dilakukan penelitian untuk membuktikan penguasaan kosakataberkorelasi dengan kemampuan menulis teks puisi. Penelitian ini bertujuan untuk(1) membuktikan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks puisi; (2)membuktikan besar korelasi penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis tekspuisi.Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan menggunakandeskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini, melibatkan semua siswa kelas VIII diSMP Negeri 13 Magelang yang berjumlah 261 siswa dengan sampel penelitian 31responden. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling.Pada teknik pengumpulan data penelitian digunakan adalah tes objektif untukpenguasaan kosakata dan tes unjuk kerja untuk kemampuan menulis teks puisisiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, ujihipotesis, dan uji regresi.Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) kemampuan siswa kelas VIII SMPNegeri 13 Magelang untuk menulis puisi dengan penguasaan kosakata berkorelasi,yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,639 (41%) yang lebihbesar dari rhitung 0,344 dengan taraf signifikan 0,05 (5%), (2) penguasaan kosakatasiswa kelas VIII SMP Negeri 13 Magelang berada dalam kategori baik, denganrentang interval 75,5-82,5 dengan rata-rata 80,9 (3) kemampuan menulis teks puisisiswa kelas VIII SMP Negeri 13 Magelang berada dalam kategori baik, denganrentang interval 80,5-83,5 dengan rata-rata 82,0.Saran yang dianjukan yaitu, (1) guru bahasa Indonesia hendaknya lebihmengenalkan berbagai kosakata dan memahami teknik pembelajaran yang sesuaiuntuk meningkatkan penguasaan kosakata, (2) siswa hendaknya meningkatkanperbendaharaan dengan cara pembiasaan 15 menit membaca sebelumpembelajaran, (3) sekolah hendaknya meningkatkan sarana dan prasarana untukmenunjang pembelajaran terutama keterampilan berbahasa (4) peneliti selanjutnyadiharapkan melakukan penelitian dengan menemukan faktor-faktor lain yangberkaitan dengan variabel dependen.
Kata Kunci: korelasi, menulis, penguasaan kosakata, puisi
43-UN57.U1-SIN-VI-2024 | INDONESIA AIS K 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain