Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 1 SALAM KABUPATEN MAGELANG
ABSTRAK
Azzah, Safrina Ilmi N. 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam PembelajaranBahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Salam Kabupaten Magelang”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I AyuWulandari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Mursia Ekawati, M.Hum.Pada implementasi kurikulum merdeka terdapat dua tahapan yakni perencanaandan pelaksanaan berdasarkan tahapan implementasi kurikulum merdeka di satuanpendidikan yang disusun oleh badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikanKemendikbudristek 2022. Dalam perencanaan dan pelaksanaan tidak terlepas darikesulitan atau kendala. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan perencanaan danpelaksanaan serta kendala yang ditemukan pada implementasi kurikulum merdeka diSMP Negeri 1 Salam. Tujuan dari penelitian ini yakni: (1) memperoleh deskripsiperencanaan implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesiadi SMP Negeri 1 Salam Kabupaten Magelang; (2) memperoleh deskripsi pelaksanaanimplementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 1 Salam Kabupaten Magelang; (3)menemukan kelemahan dalam perencanaan implementasi kurikulum merdeka dalampembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Salam; dan (4) menemukankelemahan dalam pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaranBahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Salam. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara,dokumentasi, dan kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan denganpengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil daripenelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan implementasikurikulum merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Salamtermasuk dalam tahap berkembang. Kelemahan yang ditemukan pada perencanaan danpelaksanaan implementasi kurikukum merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesiakelas VII seperti terdapat pada simpulan yang telah dipaparkan. Hasil penelitian inidapat dijadikan sebagai evaluasi kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, danguru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII dalam upaya meningkatkan statustahapan implementasi kurikulum merdeka agar mencapai tahap mahir.
Kata kunci : evaluasi, implementasi, kurikulum merdeka
42-UN57.U1-SIN-VI-2024 | INDONESIA AZZ I 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain