Text
SKRIPSI TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM IKLAN SUSU FORMULA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR MENULIS TEKS IKLAN DI SMP
ABSTRAK
Hakiki, Ahmad. 2024. “Tindak Tutur Direktif dalam Iklan Susu Formula dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Menulis Teks Iklan di SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Univesrsitas Tidar. Pembimbing 1 Dr. Mursia Ekawati, M.Hum., Dosen Pembimbing II Irsyadi Shalima, S.S., M.A.
Penelitian Tindak Tutur Direktif dalam Iklan Susu Formula dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Menulis Teks Iklan di SMP, dilatarbelakangi adanya peran penting tindak tutur direktif dalam membangun suatu iklan dan tindak tutur direktif dapat ditemukan diberbagai jenis iklan, salah satunya iklan susu formula. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, apa saja strategi tindak tutur direktif dan fungsi tindak tutur direktif dalam iklan susu formula di Youtube. Metode dan teknik penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat. Metode dan teknik analisis data menggunakan metode padan dan agih dengan analisis data berupa Pilah Unsur Penentu (PUP). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan empat jenis strategi tindak tutur direktif dan lima jenis tindak tutur direktif yang ada dalam iklan susu formula yang ada di YouTube. Jenis strategi tindak tutur yang ditemukan yaitu, Strategi Tindak Tutur Direktif Langsung Literal, Strategi Tindak Tutur Direktif Langsung Tak Literal, Strategi Tindak Tutur Direktif Tak Langsung Literal, dan Strategi Tindak Tutur Direktif Tak Langsung Tak Literal. Pada penelitian ini juga ditemukan lima jenis fungsi tindak tutur direktif yaitu Tindak Tutur Direktif Permintaan, Tindak Tutur Direktif Perintah, Tindak Tutur Direktif Larangan, Tindak Tutur Direktif Ajakan, dan Tindak Tutur Direktif Nasihat. Hasil dari penelitian ini diimplementasai menjadi bahan ajar dalam bentuk modul KD 3.4 yaitu menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster dan KD 4.4 yaitu menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster.
Kata Kunci: fungsi tindak tutur direktif, iklan, strategi tindak tutur.
46-UN57.U1-SIN-VI-2024 | INDONESIA HAK T 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain