Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MESI GUNDA (GAME EDUKASI BANGUN DATAR) BERBASIS ANDROID UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
ABSTRAK
Arifatun, V. (2024). Pengembangan MESI GUNDA (gaMe edukaSi banGun Datar) Berbasis Android untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah Universitas Tidar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nina Agustyaningrum, M.Pd. Pembimbing II Paskalia Pradanti, M.Pd.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Bangun Datar, dan MESI GUNDA
Salah satu keterampilan yang perlu diberikan kepada peserta didik dalam belajar matematika adalah kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan bagian penting dari aspek kognitif dalam belajar matematika. Namun, di MTs N 5 Magelang kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika masih rendah. Selain itu, masalah yang dialami adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif serta menggunakan teknologi. Oleh sebab itu, diperlukan inovasi media pembelajaran interaktif dan berbasis teknologi yang mampu mendukung kemampuan pemecahan masalah matematis. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran MESI GUNDA (gaMe edukaSi banGun Datar) berbasis Android untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam materi bangun datar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan model ADDIE yang memanfaatkan aplikasi Articulate Storyline, Canva, dan WEB2APK Builder. Peserta didik kelas VII P1 yang bersekolah di MTs Negeri 5 Magelang menjadi subjek dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data memakai observasi, wawancara, tes, serta angket. Instrumen yang dipakai dalam penelitian, yaitu angket kebutuhan, angket kepraktisan, angket validitas, soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis (pre-test dan post-test), dan angket observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis kevalidan produk menggunakan angket yang diperoleh melalui penilaian ahli media dan ahli materi. Kepraktisan produk diukur dengan angket kepraktisan media yang diisi oleh peserta didik serta guru, sedangkan keefektifan produk dianalisis dengan melihat peningkatan nilai pre-test dan post- test menggunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media MESI GUNDA berbasis Android valid, praktis, dan efektif untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah matematis. MESI GUNDA memenuhi aspek valid dengan nilai 90 dari skor maksimal 100 dengan kategori sangat valid oleh ahli media serta dari ahli materi memperoleh nilai 56 dari skor maksimal 65 dengan kategori sangat valid. Media juga memenuhi aspek praktis dan efektif dengan nilai 80,59 dari skor maksimal 100 berkategori sangat praktis serta nilai N-gain sebesar 0,32 berkategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media MESI GUNDA berbasis Android valid, praktis, dan efektif untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah matematis. Selanjutnya, produk dapat dikembangkan dengan lebih baik dan dapat diakses dengan sistem operasi yang lain.
52-UN57.U1-SPM-VI-2024 | MATEMATIKA ARI P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain