Text
SKRIPSI PRINSIP KERJA SAMA DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MODUL AJAR TEKS NEGOSIASI DI SMA
ABSTRAK
Liliya, Lumatul Ilmas. 2024. Prinsip Kerja Sama dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata dan Implementasinya sebagai Modul Ajar Teks Negosiasi di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mursia Ekawati, M.Hum., Pembimbing II Rangga Asmara, M.Pd.Prinsip kerja sama tidak hanya ditemukan pada tuturan yang diucapkan secara langsung tetapi juga dapat ditemukan pada tuturan dalam karya sastra yaitu novel. Salah satu novel yang tuturan di dalamnya memuat prinsip kerja sama adalah novel dengan judul Guru Aini karya Andrea Hirata. Cerita dalam novel memuat dialog antartokoh untuk memperjelas kisah yang diceritakan. Pada dialog-dialog itulah dapat ditemukan pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama karena antartokoh saling melakukan interaksi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama yang terdapat dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Penelitian dengan jenis kualitatif ini menggunakan metode simak dan teknik catat dalam penyediaan data. Metode yang digunakan dalam analis data penelitian yaitu metode padan dan teknik PUP (Pilah Unsur Penentu) dengan teknik lanjutan menggunakan teknik HBS (Hubung Banding Menyamakan). Setelah pengumpulan data dan analisis, ditemukan 32 data pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama. Dari keseluruhan data tersebut terdapat 22 data pematuhan dan 10 data pelanggaran prinsip kerja sama. Data pematuhan prinsip kerja sama ditemukan saat tokoh memberikan tuturan yang singkat dan padat, tuturan yang dikatakan benar dan disertai dengan bukti, tuturan berkaitan dengan apa yang sedang dibicarakan, dan tuturan disampaikan secara langsung disertai dengan alasan. Data pelanggaran prinsip kerja sama ditemukan saat tokoh memberi tuturan berlebihan dan kurang informatif, penutur melakukan kebohongan dan menyembunyikan informasi, tuturan tidak berkaitan dengan apa yang dibicarakan, serta memberikan tuturan secara tidak langsung karena menggunakan analogi dan perumpamaan. Hasil dari penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai modul ajar teks negosiasi.
Kata kunci: novel, prinsip kerja sama, pematuhan, pelanggaran, teks negosiasi
59-UN57.U1-SIN-VII-2024 | INDONESIA LIL P 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain