Text
SKRIPSI KEPUASAN PELANGGAN PADA PELAYANAN KANTOR PERUMDA AIR MINUM SUB UNIT PELAYANAN CANDI-REJO KABUPATEN MAGELANG
ABSTRAK
Kepuasan Pelanggan Pada Pelayanan Kantor Perumda Air Minum Sub Unit Pelayanan Candi-Rejo Kabupaten Magelang FIKA ROSITA (2010201081) Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universita Tidar Penyelenggaraan pelayanan publik bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat menginginkan pelayanan sesuai dengan yang mereka harapkan. Perumda Air Minum Sub Unit Pelayanan Candi-Rejo merupakan salah satu instansi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat yang memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan pada pelayanan Perumda Air Minum Sub Unit Pelayanan Candi-Rejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei dengan tujuan untuk mendapatkan informasi mendalam. Sumber data menggunakan kuesioner yang diisi oleh pelanggan Perumda Air Minum Sub Unit Pelayanan Candi-Rejo dengan menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan Customer Satisfaction Index untuk mengetahui tingkat kepuasan dan Importance Performance Analysis untuk mengetahui atribut yang perlu diperbaiki maupun dipertahankan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan pada kantor Perusahaan Umum Daerah Air Minum Sub Unit Pelayanan Candi-Rejo berada pada kategori sangat puas dengan rentan nilai 81,02. Dua atribut yang perlu ditingkatkan dalam indikator kesesuaian harapan yaitu menyelesaikan masalah sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan.
Kata Kunci: kepuasan pelanggan, pelayanan publik, Perumda Air Minum Sub Unit Candi-Rejo
44-UN57.U1-SSP-VI-2024 | ADMINISTRASINEGARA ROS K 2024 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain