Text
SKRIPSI ANALISIS KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN: STUDI KASUS KIOS PELANDUK KELURAHAN JATILUHUR DAN DESA JATIPURUS, KABUPATEN KEBUMEN
ABSTRAK
Dinda Aulia Maulidyah (2024): Analisis Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan: Studi Kasus Kios Pelanduk Kelurahan Jatiluhur Dan Desa Jatipurus, Kabupaten Kebumen. Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar.
Perbaikan pelayanan publik dalam menjawab tuntutan masyarakat memerlukan inovasi. Kios Pelanduk merupakan kerjasama antara Dispendukcapil dengan kelurahan atau desa yang mendekatkan operasional pelayanan kependudukan hingga ke tingkat desa. Sebelum ada Kios Pelanduk, kepemilikan dokumen adminduk seperti KK, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian di Kabupaten Kebumen belum mencapai target nasional. Hadirnya inovasi ini Kios mendorong capaian hasil kinerja kepemilikan dokumen adminduk Dispendukcapil. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas pelayanan Kios Pelanduk di Kelurahan Jatiluhur dan Desa Jatipurus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (mixed method) dengan model analisis concurrent triangulation. Pengumpulkan data kuantitatif dan data kualitatif menggunakan kuisioner. Data kuantitatif dihitung dengan rumus IKM PermenPAN&RB No. 14 Tahun 2017 dan data kualitatif diolah menggunakan Nvivo berupa fitur Concept Map, Word Cloud, dan Word Tree. Hasil analisisnya menghasilkan nilai IKM dan persepsi masyarakat sebagai interpretasi dari penilaian kualitas pelayanan Kios Pelanduk. Pelayanan Kios Pelanduk Jatiluhur dan Jatipurus mendapatkan skor IKM 84,69 dengan kualitas pelayanan yang tergolong baik dan memuaskan. Visualisasi data menggunakan fitur Nvivo dapat diperoleh persepsi positif masyarakat yang mengatakan pelayanan Kios Pelanduk ada, cepat, mudah, dan baik. Masyarakat yang menyampaikan respons positif terhadap pelayanan sejalan dengan kualitas pelayanan yang baik dan memuaskan. Kualitas pelayanan Kios Pelanduk Jatiluhur dan Jatipurus yang baik dan memuaskan menguatkan data hasil capaian kepemilikan adminduk yang tinggi.
Kata Kunci: Kios Pelanduk; Kualitas Pelayanan; IKM; Nvivo
57-UN57.U1-SSP-VII-2024 | ADMINISTRASINEGARA MAU A 2024 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain