Text
SKRIPSI STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA: PENDEKATAN ANALISIS SWOT PADA OBJEK WISATA PANTAI RANDUSANGA INDAH KABUPATEN BREBES
ABSTRAK
STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA: PENDEKATAN ANALISIS SWOT PADA OBJEK WISATA PANTAI RANDUSANGA INDAH KABUPATEN BREBES RAIHAN NASYWA DHIYAUL HAQ (2020101135) Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Terjadinya masalah dalam pengembangan pariwisata pada objek wisata pantai randusangan indah yang membuat daya tariknya berkurang meliputi belum lengkapnya sarana prasarana dan fasilitas penunjang pantai, kurangnya promosi dan penyebarluasan informasi terkait pantai randusanga indah serta membuat permasalahan baru muncul yakni realisasi anggaran yang tidak sesuai target. Strategi pengembangan objek wisata merupakan sebuah proses perencanaan dalam pembangunan pariwisata yang lebih baik. Adapun tujuan pengembangan tersebut untuk menambah daya tarik wisatawan guna memperoleh pendapatan agar mencapai target yang ditentukan. Seringkali dalam kenyataanya masih terdapat Objek Wisata yang masih belum bisa memenuhi target pendapatan yang telah dibuat sebelumnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan membuat suatu strategi pengembangan Objek Wisata Pantai Randusanga Indah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuat sebuah startegi yang tepat dalam pengembangan Objek Wisata Pantai Randusanga Indah di Kabupaten Brebes agar menambah daya tarik serta pendapatanya. Penelitian ini bersifat empiris dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis SWOT, berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa masing-masing masih terdapat kekuatan, kelemahan, kesempatan, serta ancaman. Data dari analisis SWOT kemudia di test menggunakan uji test litmus, hasil dari uji test litmus diperoleh 4 isu yang paling strategis dalam pengembangan Objek Wisata Pantai Randusanga Indah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perlunya kerjasama dengan investor, meningkatkan kualitas SDM, perluasan kerjasama terhadap para pelaku wisata serta masyarakat, memanfaatkan perkembangan teknologi dengan meningkatkan sistem informasi dan pemasaran.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Pengembangan, Objek Wisata,
56-UN57.U1-SSP-VII-2024 | ADMINISTRASINEGARA HAQ S 2024 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain