PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATHRY BERBASIS ETNOMATEMATIKA BENTENG VREDEBURG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII

IZZATI AUFAR AQMARINA - Nama Orang;

ABSTRAK
Aqmarina, Izzati A. 2024. “Pengembangan Game Edukasi Mathry Berbasis Etnomatematika Benteng Vredeburg untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah M.Pd., Pembimbing II Dita Aldila Krisma, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Etnomatematika, Game Edukasi Mathry, Bangun Ruang Sisi Datar Modernisasi dipercepat oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Modernisasi dapat memotivasi setiap individu untuk cepat beradaptasi terhadap tantangannya. Hal ini sesuai dengan peran penting pendidikan, yaitu meningkatkan kemampuan dan kualitas individu agar dapat bersaing dalam era perkembangan zaman yang terus berlangsung, terutama pendidikan matematika. Sebagian siswa beranggapan matematika merupakan mata pelajaran yang sulit di sekolah dan akan lebih sulit apabila siswa memiliki kesulitan belajar. Salah satu hal penunjang siswa untuk dapat memahami materi adalah ketertarikan belajar. Ketertarikan belajar dapat ditumbuhkan melalui pembelajaran berbasis teknologi dan etnomatematika. Teknologi dan etnomatematika bertujuan untuk membangun kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep matematika, sehingga dapat mengembangkan kemampuan lain untuk bersaing. Selain itu, tujuannya adalah menciptakan media belajar yang menghubungkan keduanya yaitu game edukasi berbasis etnomatematika. Pembelajaran berbasis teknologi dan etnomatematika sejalan misi SMP N 13 Magelang yaitu berwawasan lingkungan, menjunjung tinggi budaya, dan teknologi. Akan tetapi, berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman siswa masih tergolong rendah. Selain itu, guru mengatakan media pembelajaran masih terbatas dan belum menerapkan pembelajaran berbasis etnomatematika. Maka dari itu, dilakukan pengembangan game edukasi Mathry berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Objek etnomatematika yang digunakan adalah cagar budaya yang dikelola oleh APRI yaitu Benteng Vredeburg. Benteng Vredeburg dapat digunakan untuk membelajarkan materi Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari game edukasi Mathry berbasis etnomatematika Benteng Vredeburg untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D di SMP N 13 Magelang. Instrumen yang digunakan berupa angket analisis kebutuhan, lembar wawancara, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket kevalidan dan kepraktisan, serta instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi, dan tes.


Ketersediaan
37-UN57.U1-SPM-VII-2024MATEMATIKA AQM P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA AQM P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIX;259HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULLTEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik