PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI IMPLEMENTASI PELAYANAN RUMAH SAKIT TERHADAP PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN TIDAK AKTIF (DI RSUD TIDAR MAGELANG)

DIAH PUTRI WULANDARI - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan BPJS Kesehatan sudah tidak aktif ketika pasien dalam keadaan darurat. Permasalahan ini dirumuskan dengan apa kategori peserta BPJS yang sudah tidak aktif sesuai undang-undang yang berlaku dan bagaimana peran RSUD Tidar dalam memberikan pelayanan terhadap peserta BPJS yang tidak aktif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kategori peserta BPJS yang tidak aktif dan peran RSUD Tidar terhadap peserta BPJS yang tidak aktif. Penelitian ini bermanfaat dalam pembangunan, pengetahuan, dan bahan masukan hukum. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan di RSUD Tidar Magelang melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan klasifikasi terhadap data yang diperoleh berdasarkan kesamaannya, kemudian dilakukan analisis data menggunakan metode deskriptif untuk membuktikan tujuan penelitian ini. Hasil penelitian yang diperoleh dari rumusan masalah penyebab peserta BPJS Kesehatan dinyatakan tidak aktif berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu tidak membayar iuran bagi mereka peserta PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah)/Mandiri, BPJS Kesehatan tidak dibayarkan oleh perusahaan, PBI (Penerima Bantuan Iuran) yang datanya sudah tidak masuk ke data terpadu kesejahteraan sosial. Tidak hanya tiga kategori tersebut saja, namun berdasarkan peraturan ada hal lain yang membuat BPJS Kesehatan tidak aktif yaitu tidak melaporkan perubahan data kepesertaan, tidak melaporkan status kepesertaan dan kerusakan serta kehilangan kartu. Rumusan masalah kedua adalah keikutsertaan Rumah Sakit Umum Daerah Tidar dalam penyelamatan peserta keadaan darurat BPJS tidak aktif untuk memenuhi hak pasien adalah adanya prosedur Triase yang merupakan sistem untuk menentukan pasien yang akan diutamakan dalam memperoleh penanganan medis terlebih dulu di Instalasi Gawat darurat dan Penanganan Pengaduan Peserta Rumah Sakit di RSUD Tidar Magelang untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus kepesertaan BPJS tidak aktif di RSUD Tidar Magelang. Alasan ketidakpatuhan masyarakat dalam pembayaran iuran kepesertaan BPJS Kesehatan dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai informasi terkait alur pengaktifan kembali BPJS Kesehatan saat keadaan darurat. Tanggung jawab terkait informasi yang diterima oleh masyarakat merupakan tanggung jawab pemerintah, BPJS Kesehatan selaku penyelenggara jaminan kesehatan dan RSUD Tidar Magelang. Sosialisasi pentingnya BPJS Kesehatan dalam membantu pembayaran kesehatan harus lebih rajin dilakukan, baik secara langsung maupun tidak langsung agar masyarakat paham terhadap hukum dan sadar pentingnya membayar iuran kepesertaan
Kata kunci: BPJS Kesehatan tidak aktif, Implementasi, Pelayanan rumah sakit


Ketersediaan
34-UN57.U1-SH-VI-2024HUKUM WUL I 2024Ruang Skripsi (HUKUM)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
HUKUM WUL I 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XVII;114HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
340
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_HUKUM
FAKULTAS_ILMU_SOSIAL_DAN_POLITIK
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik