Text
SKRIPSI PENGARUHKEPEMILIKAN INSTITUSIONAL,CORPORATESOCIAL RESPONSIBILITY, DAN UKURAN PERUSAHAANTERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2022)
ABSTRAK
Potensi finansial dan non finansial merupakan pengendalian yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan yang tinggi juga dapat mempengaruhi pasar, tidak hanya terhadap kinerja perusahaan saat ini, namun juga terhadap prospek perusahaan di masa depan. Sejatinya, Nilai perusahaan adalah indikator yang digunakan untuk menilai perusahaan secara keseluruhan oleh para investor. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris mengenai pengaruh kepemilikan institusional, corporate social responsibility, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih 178 perusahaan sebagai sampel, sehingga diperoleh 71 perusahaan dengan 284 data yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan institusional dan corporate social responsibility mempunyai pengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan untuk ukuran perusahaan tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur. Sementara itu, profitabilitas tidak dapat memoderasi interaksi kepemilikan institusional, corporate social responsibility, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur.
Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Corporate Social Responsibility, Ukuran perusahaan, Profitabilitas
36-UN57.U1-SAK-VI-2024 | AKUNTANSI MAH P 2024 | Ruang Skripsi (AKUNTANSI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain