Text
SKRIPSI ANALISIS BUKU TEKS IPA SMP KELAS VIII KURIKULUM MERDEKA DILIHAT DARI ASPEK MULTIREPRESENTASI
ABSTRAK
Safira, Karlina Nanda. 2024. “Analisis Buku Teks IPA SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka Dilihat dari Aspek Multirepresentasi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: analisis, buku teks, multirepresentasi, verbal, gambar, grafik, matematis.
Dalam pembelajaran IPA terjadi miskonsepsi pada materi Fisika sehingga perlu adanya penyajian konsep dengan berbagai bentuk representasi untuk mengatasinya. Aspek multirepresentasi merupakan suatu metode yang baik untuk menunjang penyajian konsep IPA dimana pada aspek ini menyajikan konsep dalam beberapa representasi diantaranya verbal, gambar, grafik, dan matematis. Buku teks merupakan sumber belajar utama yang digunakan dalam pembelajaran di Indonesia akan tetapi masaih terdapat banyak kekurangan dalam penyajiannya. Selama ini penelitian terkait pengintegrasian aspek representasi dalam buku teks masih terfokus pada satu representasi saja dan belum terdapat penelitian terkait analisis aspek multirepresentasi pada buku teks IPA SMP di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penyajian aspek multirepresentasi dalam buku IPA SMP kelas VIII pada materi Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain content analys atau analisis isi yang bersifat deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku teks IPA SMP kelas VIII terbitan Kemendikbud dan Erlangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyajian aspek multirepresentasi pada kedua buku sampel telah disajikan dalam beberapa kelompok representasi yaitu verbal – gambar , verbal – matematis, verbal – gambar – matematis, verbal – grafik, dan verbal – gambar – grafik – matematis. Pada buku 1 penyajian verbal – gambar sebesar 46,66%, verbal – matematis sebesar 33,33%, verbal – gambar – matematis sebesar 13,33%, dan verbal – gambar – grafik – matematis sebesar 6,66%. Pada buku 2 penyajian verbal – gambar sebesar 20,00%, verbal – matematis sebesar 44,00%, verbal – gambar – matematis sebesar 32,00%, dan verbal – grafik sebesar 4,00%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penyajian aspek multirepresentasi pada buku teks IPA di Indonesia telah dimunculkan akan tetapi masih tergolong kurang maksimal. Hal ini dikarenakan rata – rata penyajian aspek multirepresentasi hanya memunculkan dua representasi saja.
24-UN57.U1-SI-VI-2024 | IPA SAF A 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain