Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPERIENTAL JELAJAH ALAM SEKITAR (EJAS) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA SMP
ABSTRAK
Astuti, Sanni Indri. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (EJAS) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, M.Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, M.Pd.
Kata Kunci: Kecerdasan Naturalis, Hasil Belajar Kognitif, Model pembelajaran EJAS Kecerdasan merupakan salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar kognitif, salah satunya adalah kecerdasan naturalis. Berdasarkan wawancara bahwa kecerdasan naturalis dan hasil belajar kognitif siswa di SMPN 2 Muntilan masih rendah, hal ini terjadi karena guru masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru. Berdasarkan kajian tersebut diduga apabila kecerdasan naturalis siswa rendah mengakibatkan rendahnya hasil belajar kognitif. Tujuan pertama dilakukannya penelitian ini ialah menganalisis keefektifan model pembelajaran EJAS dalam meningkatkan kecerdasan naturalis siswa. Kedua menganalisis keefektifan model pembelajaran EJAS dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Ketiga menganalisis hubungan kecerdasan naturalis dengan hasil belajar kognitif IPA siswa SMP pada penerapan model EJAS. Peneliti menggunakan jenis penelitian semu atau quasi experiment dengan metode kuantitatif. Desain penelitian yang dipakai ialah pretest-posttest nonequivalent control group yang memerlukan dua kelas, yaitu kelas eskeperimen yang menerapakan model pembelajaran EJAS dan kelas kontrol yang menerapkan model discovery learning. Hasil penelitian yang diperoleh ialah model pembelajaran EJAS efektif dalam meningkatkan kecerdasan naturalis beserta hasil belajar kognitif siswa dibuktikan dengan uji-t terdapat perbedaan peningkatan dan pada uji N-Gain nilai kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Selain itu kecerdasan naturalis juga memiliki hubungan dengan hasil belajar kognitif. Kesimpulan dari penelitian ini ialah model pembelajaran EJAS efektif dalam meningkatkan kecerdasan naturalis dan hasil belajar kognitif IPA siswa SMP. Kecerdasan naturalis memiliki hubungan dengan hasil belajar kognitif siswa yaitu kecerdasan naturalis dan hasil belajar kognitif saling mempengaruhi satu sama lain.
26-UN57.U1-SI-VI-2024 | IPA AST P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain