Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMP
ABSTRAK
Anam, Syaeful. 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : learning cycle, hasil belajar kognitif, kolaborasi, keefektifan.
Pembelajaran menuntut siswa memiliki hasil belajar kognitif dan keterampilan yang baik. Hasil belajar kognitif menjadi bekal siswa untuk menghadapi berbagai masalah, sedangkan keterampilan kolaborais penting dimiliki siswa sebagai bekal setelah memasuki dunia kerja agar dapat bekerja sama dengan siapapun. Pentingnya hasil belajar kognitif dan keterampilan kolaborasi bertolak belakang dengan kondisi di lapangan yang ada. Masih banyak nilai hasil belajar kognitif yang dibawah KKM dan rendahnya keterampilan kolaborasi siswa. Beberapa penelitian menyebutkan hasil belajar kognitif dan keterampilan kolaborasi dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran learning cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran learning cycle 7e untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan kolaborasi siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Magelang. Sampel penelitian meliputi kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa tes pilihan ganda sebanyak 12 soal dan esai sebanyak 5 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sementara untuk instrumen non tes berupa kuesioner penilaian diri keterampilan kolaborasi dan lembar observasi keterampilan kolaborasi. Hasil analisis data hasil belajar kognitif diperoleh bahwa hasil uji t yaitu < 0,001. Hasil tersebut kurang dari 0,05 yang artinya ada perbedaan nilai dari kedua kelas. Hasil uji N-gain kelas eksperimen sebesar 0,68 kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 0,23 kategori rendah. Hasil analisis data keterampilan kolaborasi diperoleh bahwa uji t yaitu < 0,001. Hasil tersebut kurang dari 0,05 yang artinya ada perbedaan nilai dari kedua kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle 7E efektif meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan kolaborasi siswa.
22-UN57.U1-SI-VI-2024 | IPA ANA K 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain