PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA TEMA “KITA BERNAPAS” TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK

DEWI ANIFATUS SOLIKAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Solikah, Dewi Anifatus. 2024. “Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Pada Tema “Kita Bernapas” Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari., S.Pd., M. Pd,. Pembimbing II Dr. Siswanto., M. Pd.
Model project based learning (PjBL) merupakan suatu model pembelajaran yang dirancang guna memudahkan peserta didik agar lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan proyek sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada tema “Kita Bernapas” bagi hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Kartika XII-1 yang teridiri dari 48 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes berupa pre-test dan post-test. Analisis data penelitian dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, uji n-Gain dan uji effect size dengan bantuan SPSS 25. Uji hipotesis dengan independent sample t-test sebesar 0,000 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, artinya model pembelajaran PjBL efektif dalam mempengaruhi hasil belajar kognitif peserta didik. Uji n-gain kelas eksperimen sebesar 0,517 (cukup efektif), sedangkan kelas kontrol persentase n- gain sebesar 0,209 (kurang efektif). uji Uji Effect Size dari rata-rata nilai pretest dan posttest diperoleh nilai sebesar 1,19 dengan kriteria tinggi. Hasil tersebut menunjukkan model PjBL efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Project Based Learning, Hasil Belajar Kognitif


Ketersediaan
21-UN57.U1-SI-VI-2024IPA SOL P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SOL P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;154HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULLTEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik