Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA TEMA “KITA BERNAPAS” TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Solikah, Dewi Anifatus. 2024. “Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Pada Tema “Kita Bernapas” Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari., S.Pd., M. Pd,. Pembimbing II Dr. Siswanto., M. Pd.
Model project based learning (PjBL) merupakan suatu model pembelajaran yang dirancang guna memudahkan peserta didik agar lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan proyek sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada tema “Kita Bernapas” bagi hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Kartika XII-1 yang teridiri dari 48 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes berupa pre-test dan post-test. Analisis data penelitian dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, uji n-Gain dan uji effect size dengan bantuan SPSS 25. Uji hipotesis dengan independent sample t-test sebesar 0,000 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, artinya model pembelajaran PjBL efektif dalam mempengaruhi hasil belajar kognitif peserta didik. Uji n-gain kelas eksperimen sebesar 0,517 (cukup efektif), sedangkan kelas kontrol persentase n- gain sebesar 0,209 (kurang efektif). uji Uji Effect Size dari rata-rata nilai pretest dan posttest diperoleh nilai sebesar 1,19 dengan kriteria tinggi. Hasil tersebut menunjukkan model PjBL efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Project Based Learning, Hasil Belajar Kognitif
21-UN57.U1-SI-VI-2024 | IPA SOL P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain