PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) BERBANTUAN PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

NUR LAELI ROHMAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Rohmah, N. L. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Berbantuan PhET Simulation Untuk Meningkatkan Efikasi diri dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, M.Pd.
Kata Kunci : Thinking Aloud Pair Problem Solving, PhET simulation, efikasi diri, kemampuan pemecahan masalah Pelaksanaan pembelajaran IPA di SMP Negeri 10 Magelang mempunyai permasalahan utama yaitu kemampuan pemecahan masalah siswa yang masih rendah yang ditandai dengan hasil analisis nilai ulangan harian pada indikator kemampuan pemecahan masalah masih tergolong rendah, hal tersebut disebabkan oleh kurangnya efikasi diri siswa sehingga siswa kurang berusaha dalam memecahkan masalah. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang sesuai, sehingga efikasi diri dan kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi meningkat. Penelitian ini memiliki tujuan yang mencakup : (1) Untuk menganalisis apakah model pembelajaran TAPPS berbantuan PhET Simulation efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa; (2) Untuk menganalisis apakah penerapan model pembelajaran TAPPS berbantuan PhET Simulation efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa; (3) Untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam penerapan model pembelajaran TAPPS berbantuan PhET Simulation. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental Design dalam bentuk pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yakni siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Magelang Tahun Ajaran 2023/2024 sejumlah 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan PhET Simulation efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa yang dibuktikan dari adanya perbedaan yang signifikan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kontrol serta nilai N-Gain kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai N-Gain kelas kontrol; (2) Penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan PhET Simulation efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibuktikan dari adanya perbedaan yang signifikan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kontrol serta nilai N-Gain kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai N-Gain kelas kontrol; (3) Ada pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan PhET Simulation sebesar 7,3 %.


Ketersediaan
25-UN57.U1-SI-VI-2024IPA ROH P 2024Ruang Skripsi (IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ROH P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;198HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik