Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) BERBANTUAN PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP
ABSTRAK
Rohmah, N. L. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Berbantuan PhET Simulation Untuk Meningkatkan Efikasi diri dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, M.Pd.
Kata Kunci : Thinking Aloud Pair Problem Solving, PhET simulation, efikasi diri, kemampuan pemecahan masalah Pelaksanaan pembelajaran IPA di SMP Negeri 10 Magelang mempunyai permasalahan utama yaitu kemampuan pemecahan masalah siswa yang masih rendah yang ditandai dengan hasil analisis nilai ulangan harian pada indikator kemampuan pemecahan masalah masih tergolong rendah, hal tersebut disebabkan oleh kurangnya efikasi diri siswa sehingga siswa kurang berusaha dalam memecahkan masalah. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang sesuai, sehingga efikasi diri dan kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi meningkat. Penelitian ini memiliki tujuan yang mencakup : (1) Untuk menganalisis apakah model pembelajaran TAPPS berbantuan PhET Simulation efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa; (2) Untuk menganalisis apakah penerapan model pembelajaran TAPPS berbantuan PhET Simulation efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa; (3) Untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam penerapan model pembelajaran TAPPS berbantuan PhET Simulation. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental Design dalam bentuk pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yakni siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Magelang Tahun Ajaran 2023/2024 sejumlah 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan PhET Simulation efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa yang dibuktikan dari adanya perbedaan yang signifikan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kontrol serta nilai N-Gain kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai N-Gain kelas kontrol; (2) Penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan PhET Simulation efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibuktikan dari adanya perbedaan yang signifikan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kontrol serta nilai N-Gain kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai N-Gain kelas kontrol; (3) Ada pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan PhET Simulation sebesar 7,3 %.
25-UN57.U1-SI-VI-2024 | IPA ROH P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain