Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MATERI SEL
ABSTRAK
Luthfi, Charisma Ali. 2024 “Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran IPA Terintegrasi Teknologi Augmented reality pada Materi Sel” Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, M.Pd., Pembimbing II Dr. Siswanto, M.Pd.
Kata kunci : media pembelajaran, augmented reality, sel
Kemajuan dan perkembangan teknologi terjadi begitu pesat dan telah mengubah dunia pendidikan baik aspek administrasi maupun proses pembelajaran. Proses pembelajaran kini telah berubah menjadi lebih memanfaatkan teknologi. Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam sebuah proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran konvensional memiliki banyak kekurangan seperti memerlukan biaya untuk membelinya, keterbatasan aksesibilitas, tidak mendukung gaya belajar yang beragam, kurang fleksibel, tidak dapat menarik motivasi siswa dalam belajar, dan tidak bisa memvisualisasikan materi yang bersifat abstrak sehingga hasil belajarnya pun rendah. Salah satu materi yang bersifat abstrak adalah materi sel. Materi sel merupakan materi yang tidak dapat diamati secara langsung oleh indra manusia. Struktur dan fungsi organel sel seperti mitokondria, ribosom, dan organel lainnya bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat secara langsung tanpa menggunakan alat khusus. Solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan aplikasi media pembelajaran terintegrasi augmented reality. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kevalidan dan kepraktisan aplikasi media pembelajaran sel terintegrasi augmented reality. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli dan kuesioner respon siswa terhadap kepraktisan aplikasi media pembelajaran sel terintegrasi augmented reality. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi media pembelajaran terintegrasi augmented reality pada materi sel dinyatakan valid berdasarkan rata-rata skor V Aiken sebesar 0,91 oleh ahli. Aplikasi media pembelajaran tersebut pantas dinyatakan valid dikarenakan dalam proses pembuatanya dilakukan secara sistematis. Aplikasi media pembelajaran terintegrasi augmented reality pada materi sel dinyatakan sangat praktis berdasarkan persentase respon siswa sebesar 97%. Hal tersebut dikarenakan media pembelajaran ini memenuhi syarat mudah digunakan, interaktif, dapat meningkatkan perhatian dan motivasi siswa dalam belajar, dan mampu memvisualisasikan konsep yang bersifat abstrak. Simpulan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran sel berbasis augmented reality dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
20-UN57.U1-SI-VI-2024 | IPA LUT P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain