Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA SMP
ABSTRAK
Rahmawati, Nasyitha Oktavia. 2024. "Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa SMP". Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Dr. Siswanto, M.Pd.
Kata Kunci: (Kooperatif Tipe Make A Match, Kognitif, Efektivitas)
Pembelajaran kooperatif adalah suatu metode pembelajaran yang berorientasi dalam pengajaran siswa pada kelompok-kelompok kecil. Terdapat kemampuan yang harus dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran IPA yaitu hasil belajar kognitif. Hasil belajar kognitif sangat penting dimiliki siswa karena dalam pembelajaran IPA khususnya diperlukan kemampuan pada pemahaman, penalaran, dan penerapan pengetahuan dalam model IPA melalui implementasi kemampuan kognitifnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran kooperatif Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar kognitif IPA. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif jenis design quasi eksperimental dengan nonequivalent control group. Jumah responden penelitian meliputi 32 siswa pada masing masing kelas VII B dan VII C. Jenis instrumen penelitian yang digunakan adalah butir soal pretest posttest dan lembar validasi meliputi soal, modul ajar, dan LKPD.
Hasil penelitian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif IPA siswa SMP dengan peningkatan nilai N-gain sebesar 0,67 kriteria sedang. Pada analisis uji effect size memberikan hasil sebesar 0,539 dengan kategori sedang.
Berdasarkan perbedaan yang signifikan rata-rata skor kelas kontrol dan kelas eksperimen, penelitian ini disimpulkan bahwa penggunan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match secara keseluruhan meningkatkan hasil belajar kognitif IPA. Peneliti menyarankan penting untuk terus melakukan evaluasi terhadap implementasi model pembelajaran ini. Guru dapat melakukan evaluasi formatif secara teratur untuk memantau perkembangan siswa dan menyesuaikan strategi pembelajaran sesuai kebutuhan.
34-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA RAH E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain