Text
SKRIPSI NERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE-Ed (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN, EXTEND) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI SISWA SMP
ABSTRAK
Afifah, Nidya’Ul. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran POE-Ed (Predict, Observe, Explain, Extend) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc. dan Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : POE-Ed, Berpikir Kritis, Komunikasi Tertulis Keterampilan berpikir kritis dibutuhkan untuk pemecahan masalah dan pemberian solusi dalam pembelajaran IPA. Tidak hanya itu, keterampilan komunikasi tertulis digunakan siswa untuk menyampaikan gagasannya. Hasil analisis soal essay keterampilan berpikir kritis di SMP N 1 Mertoyudan didapatkan nilai 58,007. Begitupun dengan keterampilan komunikasi tertulis yang masih kurang berkembang. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran POE-Ed (Predict, Observe, Explain, Extend). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran POE-Ed (2) peningkatan keterampilan komunikasi tertulis siswa setelah penerapan model pembelajaran POE-Ed. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment dan menggunakan non equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mertoyudan dengan sampel kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis dalam bentuk soal uraian. Hasil analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test yaitu 0,000 < 0,05 untuk keterampilan berpikir kritis dan 0,000 < 0,05 untuk keterampilan komunikasi tertulis. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi tertulis antara siswa yang menerapkan model pembelajaran POE-Ed (Predict, Observe, Explain, Extend) dengan yang tidak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran POEEd Ed (Predict, Observe, Explain, Extend) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi tertulis.
33-UN57.U1-SI-VI-2024 | IPA AFI P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain