Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWERS, DISCUSS, EXPLAIN, DAN CREATE (RADEC) UNTUK MENINGKATKAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMP N 1 TEGALREJO
ABSTRAK
Alifah. 2024. "Implementasi Model Pembelajaran Read, Answers, Discuss, Explain, dan Create (RADEC) untuk Meningkatkan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP N 1 Tegalrejo". Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran RADEC, Argumentasi Ilmiah Aspek Kelengkapan Organ dan Keilmiahan
Keterampilan argumentasi ilmiah dapat melatih siswa dalam literasi sains, penalaran ilmiah, melibatkan kemampuan berpikir kritis, serta dapat meningkatkan pemahaman konsep pada siswa. Keterampilan argumentasi ilmiah sangat penting dikuasai siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam karena dapat meningkatkan pemikiran sehingga mampu menguji pemahaman. Dibutuhkan model pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah. Model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, dan Create (RADEC) merupakan salah satu model pembelajaran yang inovatif dalam menuntun siswa agar menumbuhkan kemampuannya menghadapi perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah siswa setelah diterapkan model pembelajaran RADEC. Desain penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Hasil uji hipotesis dengan uji Mann - Whitney mendapatkan nilai signifikansi < 0,000 pada aspek kelengkapan organ dan keilmiahan, yang artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dilanjutkan hasil uji N - Gain didapatkan hasil 0,56 kategori sedang pada kelas eksperimen dan 0,35 kategori sedang pada kelas kontrol dalam argumentasi ilmiah aspek kelengkapan organ. Selanjutnya dihasilkan uji N - Gain 0,64 kategori sedang pada kelas eksperimen dan 0,35 kategori sedang pada kelas kontrol dalam argumentasi aspek keilmiahan. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, dan Create (RADEC) mampu meningkatkan argumentasi ilmiah.
27-UN57.U1-SI-VI-2024 | IPA ALI I 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain