Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
ABSTRAK
Hanifah Setiyani, Vina. 2024. “Efektivitas Model Team Games Tournament Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S. Pd., M. Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci : Model TGT, Keterampilan Kolaborasi, Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA perlu diinovasi untuk menghadapi perkembangan zaman dan membantu mewujudkan tujuan Kurikulum 2013 melalui keterampilan kolaborasi. Keterampilan kolaborasi merupakan proses koordinasi dan kerja sama yang mengandung unsur ketergantungan antar individu dalam suatu kelompok guna mencapai tujuan bersama. Keterampilan kolaborasi Siswa SMP N 1 Magelang dalam kategori rendah yang diiringi pula dengan rendahnya hasil belajar kognitif. Oleh karena itu, perlu adanya model Team Games Tournament (TGT) dalam upaya melatih keterampilan kolaborasi siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efectivitas model TGT terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi eksperimen dalam bentuk nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan purpossive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Observasi digunakan untuk menilai keterampilan kolaborasi siswa. Tes digunakan sebagai alat untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari uji N-Gain, uji T dan uji korelasi. Keterampilan kolaborasi kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata n-gain sebesar 0,72 dan kelas kontrol sebesar 0,56. Nilai rata-rata n-gain hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 0,83 dan kelas kontrol sebesar 0,51. Hasil uji T keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 dan 0,000. Hasil belajar kognitif dan keterampilan kolaborasi memiliki korelasi sempurna dalam pembelajaran, dibuktikan dengan hasil uji korelasi spearman yang menunjukkan angka 0,861 pada kelas eksperimen. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model TGT efektif terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa. Saran yang dikemukakan peneliti yaitu sebaiknya perlu memaksimalkan plotting siswa dalam pembentukan belajar kelompok agar tutor sebaya berjalan dengan baik.
30-UN57.U1-SI-VI-2024 | IPA SET E 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain