PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MERTOYUDAN

LAURENCIA NATHANIA OCTAVIANY - Nama Orang;

ABSTRAK
Laurencia Nathania Octaviany. 2024. “Keefektifan Model Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia Kelas VII di SMP Negeri 1 Mertoyudan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: penguasaan konsep IPA, model learning cycle 7E
Dalam pembelajaran IPA, penguasaan konsep menjadi kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa. Latar belakang adanya penelitian ini yakni ditemukan bahwa kemampuan penguasaan konsep IPA siswa di Indonesia khususnya di SMPN 1 Mertoyudan yang masih rendah. Diketahui bahwa penguasaan konsep dapat ditingkatkan dengan penerapan pembelajaran berbasis konstruktivis dan berpusat pada siswa seperti penerapan model learning cycle 7E, sehingga penelitian ini diadakan dengan tujuan agar dapat diketahui keefektifan model learning cycle 7E dalam meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia di SMPN 1 Mertoyudan. Penelitian ini menerapkan metode quasi experiment dan desainnya yaitu nonequivalent control group design. Populasinya yaitu siswa kelas VII SMPN 1 Mertoyudan dengan total 160 siswa. Sampel yang terpilih yakni kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol yang setiap kelasnya sebanyak 32 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini yaitu menggunakan tes penguasaan konsep terdiri dari 18 butir soal pilihan ganda yang telah diuji validitas maupun reliabilitasnya. Data penelitian yang diperoleh yaitu berupa nilai hasil pretest dan posttest yang mengukur kemampuan penguasaan konsep siswa. Teknik analisis data yang dipakai yaitu uji T (independent sample t-test), uji N-gain, dan uji effect size. Dilihat dari keseluruhan hasil perhitungan uji penguasaan konsep diperoleh taraf signifikansi pada uji independent sample t-test sebesar 0,010 yang nilainya kurang dari 0,05 artinya ada perbedaan signifikan hasil posttest penguasaan konsep antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Perhitungan nilai N-gain kelas eksperimen hasilnya sebesar 0,6515 lebih besar dari kelas kontrol yang nilainya sebesar 0,5466. Perolehan nilai effect size yaitu sebesar 0,37 yang tergolong kriteria sedang. Kriteria tersebut mengartikan bahwa model learning cycle 7E di kelas eksperimen dan model discovery learning di kelas kontrol memiliki perbedaan kemampuan penguasaan konsep yang tergolong sedang. Dari hasil tersebut, simpulan yang bisa diambil yakni model learning cycle 7E efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia kelas VII di SMPN 1 Mertoyudan.


Ketersediaan
28-UN57.U1-SI-VI-2024IPA OCT K 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA OCT K 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;312HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULLTEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik