Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MERTOYUDAN
ABSTRAK
Laurencia Nathania Octaviany. 2024. “Keefektifan Model Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia Kelas VII di SMP Negeri 1 Mertoyudan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: penguasaan konsep IPA, model learning cycle 7E
Dalam pembelajaran IPA, penguasaan konsep menjadi kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa. Latar belakang adanya penelitian ini yakni ditemukan bahwa kemampuan penguasaan konsep IPA siswa di Indonesia khususnya di SMPN 1 Mertoyudan yang masih rendah. Diketahui bahwa penguasaan konsep dapat ditingkatkan dengan penerapan pembelajaran berbasis konstruktivis dan berpusat pada siswa seperti penerapan model learning cycle 7E, sehingga penelitian ini diadakan dengan tujuan agar dapat diketahui keefektifan model learning cycle 7E dalam meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia di SMPN 1 Mertoyudan. Penelitian ini menerapkan metode quasi experiment dan desainnya yaitu nonequivalent control group design. Populasinya yaitu siswa kelas VII SMPN 1 Mertoyudan dengan total 160 siswa. Sampel yang terpilih yakni kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol yang setiap kelasnya sebanyak 32 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini yaitu menggunakan tes penguasaan konsep terdiri dari 18 butir soal pilihan ganda yang telah diuji validitas maupun reliabilitasnya. Data penelitian yang diperoleh yaitu berupa nilai hasil pretest dan posttest yang mengukur kemampuan penguasaan konsep siswa. Teknik analisis data yang dipakai yaitu uji T (independent sample t-test), uji N-gain, dan uji effect size. Dilihat dari keseluruhan hasil perhitungan uji penguasaan konsep diperoleh taraf signifikansi pada uji independent sample t-test sebesar 0,010 yang nilainya kurang dari 0,05 artinya ada perbedaan signifikan hasil posttest penguasaan konsep antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Perhitungan nilai N-gain kelas eksperimen hasilnya sebesar 0,6515 lebih besar dari kelas kontrol yang nilainya sebesar 0,5466. Perolehan nilai effect size yaitu sebesar 0,37 yang tergolong kriteria sedang. Kriteria tersebut mengartikan bahwa model learning cycle 7E di kelas eksperimen dan model discovery learning di kelas kontrol memiliki perbedaan kemampuan penguasaan konsep yang tergolong sedang. Dari hasil tersebut, simpulan yang bisa diambil yakni model learning cycle 7E efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia kelas VII di SMPN 1 Mertoyudan.
28-UN57.U1-SI-VI-2024 | IPA OCT K 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain