Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA DART BOARD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
ABSTRAK
Lestari, Andriani Dwi. (2024). “Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Dart Board dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M. Pd.
Kata Kunci: TGT, Hasil Belajar Kognitif, Efektif Hasil belajar kognitif didefinisikan sebagai kemampuan kognitif yang diharapkan yang akan dimiliki siswa saat belajar. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa adalah dengan memilih model pembelajaran yang efektif dan efisien. Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media dart adalah alternatif yang menarik untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran TGT berbantuan media dart board dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi unsur, senyawa dan campuran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 11 Magelang dan penarikan sampel kelas VIII A dan VIII C dengan teknik purposive sampling yang setiap kelasnya terdiri dari 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T-Test (Independent Sample T-Test) dan Uji N-Gain menggunakan SPSS for window 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan nilai posttest menggunakan rumus uji T-Test diperoleh hasil sign 0,007 < 0,05 (independent sample t-Test) dan sign 0,000 < 0,05 (paired sample t-Test), maka Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan hasil belajar kognitif siswa kedua kelas disebabkan oleh perlakuan yang berbeda (2) Hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen yang menerapkan TGT dalam pembelajaran adalah 0,767 berkategori tinggi dan kelas kontrol 0,602 berkategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media dart board efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi unsur, senyawa dan campuran.
31-UN57.U1-SI-VI-2024 | IPA LES K 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain