Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RMS (READING, MIND MAPPING, AND SHARING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI
ABSTRAK
Azizah, L. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Dr. Siswanto, M.Pd.
Kata Kunci: model pembelajaran RMS, keterampilan berpikir kritis, materi ekologi dan keanekaragaman hayati
Keterampilan penting yang perlu dikuasai siswa ketika proses pembelajaran untuk memecahkan persoalan dan menentukan solusi yaitu berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat ditingkatkan dengan kegiatan belajar yang tidak berpusat kepada guru. Model RMS adalah model pembelajaran yang menekankan siswa agar aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis efektivitas model RMS dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 10 Magelang dengan populasi seluruh siswa kelas VII. Sampel yang digunakan yakni VII B sebagai kelas eksperimen dan VII A sebagai kelas kontrol. Metode penelitian berupa kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Mann Whitney, uji N-Gain, dan uji effect size. Uji Mann Whitney menghasilkan nilai pretest kelas eksperimen dan kontrol tidak mempunyai perbedaan signifikan karena bernilai 0,409 > 0,05, sementara nilai posttest menunjukkan adanya perbedaan signifikan karena bernilai 0,000 < 0,05. Hasil N-Gain yang diperoleh kelas eksperimen bernilai 0,59 yaitu kategori sedang, sedangkan kelas kontrol bernilai 0,25 yaitu kategori rendah. Sementara hasil uji effect size yaitu 1,877 dengan kategori sangat besar. Dengan demikian, model pembelajaran RMS dapat efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati.
42-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA AZI E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain