Text
SKRIPSI PENGARUH SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI SISTEM PENCERNAAN
ABSTRAK
Aisy, Maitsaa Rihhadatul. 2024. “Pengaruh Socio-Scientific Issues (SSI) pada Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Pencernaan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, M.Pd., Pembimbing II Dr. Siswanto, M.Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Socio-Scientific Issues, Kemampuan Berpikir Kritis. Kemampuan berpikir ktitis merupakan kemampuan yang memerlukan suatu pembiasaan. Berdasarkan hasil observasi di SMP N 2 Subah, siswa belum terbiasa untuk berpikir kritis pada materi pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan dari pembelajaran yang hanya berfokus pada materi-materi yang ada dalam buku, pembelajaran dominan berpusat pada guru (teacher centered), dan belum dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa. Fokus penelitian yaitu kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan SSI pada model PBL. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Socio-Scientific Issues (SSI) pada model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperiment design. Populasi pada penelitian yaitu siswa Kelas VIII SMP N 2 Subah tahun ajaran 2023/2024. Pemilihan sampel penelitian dilakukan secara purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes (pretest dan posttes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis uji T menggunakan Independent Sample t-test sebesar 0,00 < 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis dari kedua kelas. (2) Hasil uji N-Gain kelas eksperimen memperoleh nilai yang lebih tinggi yaitu 0,628 menunjukkan bahwa kelas eksperimen dengan menggunakan model PBL berkonteks SSI mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis lebih besar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Socio-Scientific Issues (SSI) pada model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis materi sistem pencernaan.
38-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA AIS P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain