Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL RQA (READING, QUESTIONING, AND ANSWERING) DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
ABSTRAK
Pramuningtyas, Wahyu Nindy. 2024. “Efektivitas Model RQA (Reading, Questioning, and Answering) dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, M.Pd.
Kata Kunci: model RQA, membaca, keterampilan berpikir kritis
Keterampilan berpikir kritis memegang peran besar bagi siswa agar kuat bertahan di abad 21. Namun realitanya, tingkat keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia termasuk dalam kategori rendah. Hal ini disebabkan karena keengganan siswa untuk membaca dan model pembelajaran yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model RQA (Reading, Questioning, and Answering) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 6 Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII B sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang dipakai ialah quasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan secara tes tertulis berupa soal dalam bentuk uraian berjumlah 10 butir. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji T-Test untuk mengetahui perbedaan rata-rata kedua kelas dan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan nilai dari kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar signifikansi pada uji T-Test untuk data postest yaitu 0,00 yang berarti kurang dari 0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata. Hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen yaitu 0,62 kategori sedang dan kelas kontrol yaitu 0,36 kategori sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kelas eksperimen memberikan peningkatan yang jauh lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Maka model RQA memberikan pengaruh yang baik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan peningkatan yang cukup signifikan.
43-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA PRA E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain