Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL)-STEM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP
ABSTRAK
Sandra, Yuni. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)-STEM Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, M.Pd.
Kata kunci : Model Project Based Learning (PjBL), STEM, Pemahaman konsep, Kemampuan pemecahan masalah
Pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah penting dalam Pendidikan abad 21 saat ini. Pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa di Indonesia dalam studi PISA dan TIMSS masih tergolong rendah. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 5 Magelang diketahui bahwa kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas seringkali hanya menerapkan model pembelajaran konvensional yang masih berpusat pada guru sehingga pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa belum maksimal. Penelitian bertujuan untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan antara kelas yang menggunakan dan tidak menggunakan model pembelajaran PjBL-STEM, serta untuk menganalisis pengaruh pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada penerapan model PjBL-STEM. Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif. Desain penelitian menggunakan quasi experimental design yaitu dengan tipe nonequivalent control group design. Jumlah subjek penelitian meliputi 30 siswa di kelas VII A dan 30 siswa di kelas VII B. Jenis instrumen penelitian yang digunakan meliputi instrumen tes, modul ajar, dan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dengan peningkatan pemahaman konsep kategori tinggi sebesar 0,71 dan kemampuan pemecahan masalah kategori sedang sebesar 0,69, serta terdapat pengaruh pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada penerapan model PjBL-STEM sebesar 27,1%. Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep serta kemampuan pemecahan masalah antara kelas yang menggunakan model PjBL-STEM dengan yang tidak menggunakan model PjBL- STEM, serta terdapat pengaruh pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada penerapan model PjBL-STEM. Peneliti memberikan saran agar guru dan peneliti selanjutnya untuk bisa lebih mengembangkan tahap pembelajaran yang memfasilitasi seluruh indikator.
44-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA SAN P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain