PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL)-STEM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

YUNI SANDRA - Nama Orang;

ABSTRAK
Sandra, Yuni. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)-STEM Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, M.Pd.
Kata kunci : Model Project Based Learning (PjBL), STEM, Pemahaman konsep, Kemampuan pemecahan masalah
Pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah penting dalam Pendidikan abad 21 saat ini. Pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa di Indonesia dalam studi PISA dan TIMSS masih tergolong rendah. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 5 Magelang diketahui bahwa kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas seringkali hanya menerapkan model pembelajaran konvensional yang masih berpusat pada guru sehingga pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa belum maksimal. Penelitian bertujuan untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan antara kelas yang menggunakan dan tidak menggunakan model pembelajaran PjBL-STEM, serta untuk menganalisis pengaruh pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada penerapan model PjBL-STEM. Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif. Desain penelitian menggunakan quasi experimental design yaitu dengan tipe nonequivalent control group design. Jumlah subjek penelitian meliputi 30 siswa di kelas VII A dan 30 siswa di kelas VII B. Jenis instrumen penelitian yang digunakan meliputi instrumen tes, modul ajar, dan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dengan peningkatan pemahaman konsep kategori tinggi sebesar 0,71 dan kemampuan pemecahan masalah kategori sedang sebesar 0,69, serta terdapat pengaruh pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada penerapan model PjBL-STEM sebesar 27,1%. Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep serta kemampuan pemecahan masalah antara kelas yang menggunakan model PjBL-STEM dengan yang tidak menggunakan model PjBL- STEM, serta terdapat pengaruh pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada penerapan model PjBL-STEM. Peneliti memberikan saran agar guru dan peneliti selanjutnya untuk bisa lebih mengembangkan tahap pembelajaran yang memfasilitasi seluruh indikator.


Ketersediaan
44-UN57.U1-SI-VII-2024IPA SAN P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SAN P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;297HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik