PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TSTS BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMP

WAHYUNI DIAH PUSPITASARI - Nama Orang;

ABSTRAK
Puspitasari, Wahyuni Diah. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran TSTS Berbantuan Mind Mapping Terhadap Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Siswanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: efektivitas, model TSTS, mind mapping, keterampilan kolaborasi Keterampilan kolaborasi sebagai tujuan pendidikan yang penting, karena termasuk dalam empat keterampilan dasar abad 21. Keterampilan kolaborasi sangat memengaruhi pembelajaran siswa karena memiliki manfaat yaitu membentuk pembagian tugas yang baik dan memperluas kepribadian tanggung jawab siswa. Pentingnya keterampilan kolaborasi tidak sesuai dengan hasil penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa sikap siswa terhadap kerjasama serta interaksi sosial yang membuktikan rendahnya tingkat keterampilan kolaborasi yang dimiliki siswa. Selain itu kondisi yang ada di SMP Negeri 12 Magelang menyatakan bahwa keterampilan kolaborasinya masih tergolong rendah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa keterampilan kolaborasi dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Dalam menunjang keberhasilan dan keefektifan dalam kegiatan pembelajaran, diperlukan sebuah media pembelajaran berupa mind mapping, sehingga semua materi yang dijelaskan oleh guru dapat tersampaikan dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran TSTS berbantuan mind mapping dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP. Penelitian ini mengadopsi desain penelitian quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di kelas IX SMP Negeri 12 Magelang pada tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan yaitu siswa dari kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan IX C sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen sudah terdapat peningkatan nilai rata-rata keterampilan kolaborasi, namun berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan pada pertemuan 1 tidak terdapat perbedaan signifikan, pertemuan 2 terdapat perbedaan signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TSTS berbantuan mind mapping pada kelas eksperimen mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dibandingkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran discovery learning, namun tidak terdapat keefektifan dalam penerapannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil uji hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pertemuan 1 diperoleh nilai signifikansi 0,528. Nilai tersebut lebih besar dari nilai alfa yaitu 0,528 > 0,05, sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Pertemuan 2 diperoleh nilai signifikansi 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari nilai alfa yaitu 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.


Ketersediaan
37-UN57.U1-SI-VII-2024IPA PUS E 2024Ruang Skripsi (IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA PUS E 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;208HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik