Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI BIOTEKNOLOGI
ABSTRAK
Khoerutunnurbaeti, N. F. A. 2024. “Keefektifan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Materi Bioteknologi. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing 1 Rina Rahayu, M.Pd., dan Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Kata Kunci: Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kreatif, Keefektifan Keterampilan berpikir kreatif merupakan bagian dari keterampilan abad ke-21 yang dilakukan dengan mengembangkan suatu ide atau gagasan dari permasalahan sebagai solusi pemecahan masalah dengan berbagai perbedaan sudut pandang. Pentingnya keterampilan berpikir kreatif ini berkebalikan dengan kondisi yang ada pada kehidupan nyata. Pembelajaran di SMP Negeri 6 Magelang menunjukkan kurang optimalnya keterampilan berpikir kreatif siswa dan kurangnya variasi pembelajaran sehingga belum adanya proses pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. PjBL merupakan salah satu model pembelajaran yang dilakukan dengan berbasis pada proyek. Kegiatan PjBL memungkinkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP pada Materi Bioteknologi. Desain penelitian kuantitatif ini menerapkan quasi experimental yakni desain nonequivalent control group. Penelitian di SMP Negeri 6 Magelang dilakukan dengan sampel kelas IX A dan IX B. Pemilihan sampel dilakukan secara tidak acak atau menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sampel t-test pada nilai pretest adalah 0,087 > 0,05 yang berarti kedua kelas tidak memiliki perbedaan yang signifikan karena belum adanya perlakuan pada kedua kelas, sedangkan pada nilai posttest menujukkan hasil 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji N-Gain menunjukkan kelas kontrol mendapatkan rata-rata sebesar 0,41 dengan kategori sedang dan kelas ekperimen 0,62 dengan kategori sedang. Hasil pada kelas kontrol dan eksperimen sama-sama menunjukkan kategori sedang, namun N-Gain kelas eksperimen mendapatkan nilai yang lebih tinggi. Dengan demikian model Project Based Learning (PjBL) efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas IX SMP pada materi bioteknologi.
41-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA KHO K 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain