Text
SKRIPSI PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN RIIL, VIRTUAL DAN KOMBINASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF
ABSTRAK
Sa’diyah, Halimatus. 2024. “Perbandingan Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Riil, Virtual Dan Kombinasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Mata pelajaran IPA mengutamakan proses inkuiri yang meningkatkan keterampilan siswa melalui eksperimen riil dan virtual. Kurangnya pemanfaatan laboratorium dan keterlibatan siswa dalam eksperimen, ditambah metode demonstrasi yang kurang efektif, menyebabkan hasil belajar kognitif rendah. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas model inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen (riil, virtual, dan kombinasi) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Secang sebagai populasi. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 17 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji anova satu jalur yaitu 0,00 < 0,05 artinya terdapat perbedaan nilai dari keempat kelas. Hasil uji N-Gain pada semua kelas berada pada kategori sedang, dengan kelas eksperimen riil dan kombinasi yaitu 0,65, kelas eksperimen virtual yaitu 0,61, sedangkan kelas kontrol yaitu 0,47. Hasil uji effect size menunjukkan bahwa kelas eksperimen riil dibandingkan dengan kelas eksperimen kombinasi memiliki effect size sebesar 0,09 (kategori sangat rendah), dengan kelas eksperimen virtual sebesar 0,3 (kategori rendah), dan dengan kelas kontrol sebesar 1,04 (kategori tinggi). Kelas eksperimen virtual dibandingkan dengan kelas kombinasi memiliki effect size sebesar 0,2 (kategori sangat rendah), dan dengan kelas kontrol sebesar 0,8 (kategori sedang). Sementara itu, kelas eksperimen kombinasi dibandingkan dengan kelas kontrol memiliki effect size sebesar 0,9 (kategori sedang). Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen riil, virtual, dan kombinasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, efektif, eksperimen riil, eksperimen virtual, hasil belajar kognitif
45-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA SAD P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain