Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING AND ANSWERING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF
ABSTRAK
Ruum, K, D, A. 2024. Keefektifan Model Pembelajaran Reading, Questioning And Answering untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Hasil Belajar Kognitif. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran RQA, Literasi Sains, Hasil Belajar Kognitif. Pembelajaran abad 21 berorientasi untuk membentuk siswa yang tanggap dalam bidang pendidikan dan dunia kerja jika dilihat dari perspektif ekonomi global dan digital. Salah satu keterampilan yang diperlukan adalah literasi sains yang berguna untuk membuat keputusan dalam permasalahan lingkungan dan masyarakat oleh penerapan langkah-langkah ilmiah yang teratur. Kemampuan literasi sains Indonesia memiliki peringkat yang rendah pada PISA. Kognitif siswa Indonesia sendiri juga masih tergolong rendah. Pembelajaran yang konstruktif bisa mengatasi permasalahan diatas dan salah satu modelnya adalah pembelajaran reading, questioning and answering (RQA). Pembelajaran ini akan memfasilitasi siswa untuk membangun konsep materi secara mandiri melalui tahapan membentuk pertanyaan dan membuat jawaban dari kegiatan literasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran RQA untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar kognitif serta pengaruh literasi sains pada kognitif siswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan hasil yang diperoleh adalah kedua kelas mengalami peningkatan dan uji beda pada pretest literasi sains tidak memiliki perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol. Pada uji beda posttest literasi sains menunjukkan adanya perbedaan rata-rata posttest antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil N-gain pada literasi sains kelas eksperimen adalah 0,73 dengan ES tinggi dan kelas kontrol adalah 0,30 sehingga kesimpulannya adalah model pembelajaran RQA efektif untuk meningkatkan literasi sains. Uji beda pada pretest kognitif menunjukkan tidak adanya perbedaan rata-rata pretest antara kelas eksperimen dan kontrol. Pada uji beda posttest kognitif menunjukkan adanya perbedaan rata-rata posttest antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil N-gain pada kognitif kelas eksperimen adalah 0,59 dengan ES tinggi dan kelas kontrol adalah 0,09 sehingga kesimpulannya adalah model pembelajaran RQA efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. Hasil pengujian regresi linier sederhana menunjukkan bahwa literasi sains mempengaruhi kognitif sebesar 57 %
40-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA RUU K 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain