PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA SMP DENGAN FIVE-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

AISYAH DWI FEBRIANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Febriani, A. D. 2024. “Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP dengan Five-Tier Diagnostic Test Pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati” Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuyunita Dewantari, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati, Miskonsepsi siswa, Five-Tier Diagnostic Test
Pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati merupakan salah satu materi yang memerlukan berbagai sumber referensi tidak hanya dari buku cetak saja, karena pada materi ini membutuhkan berbagai macam sudut pandang. Materi ekologi dan keanekaragaman hayati menjadi topik materi IPA yang memiliki resiko tinggi menimbulkan terjadinya miskonsepsi. Miskonsepsi dapat dikenali dengan menggunakan instrumen tes diagnostik miskonsepsi. Tes diagnostik dengan menggunakan five-tier mempunyai akurasi lebih tinggi daripada four-tier diagnostic test dan dilengkapi dengan adanya angket sumber informasi siswa dalam menjawab pertanyaan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Subjek penelitian merupakan siswa kelas 7 SMP dan pemilihan sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling. Hasil tes diagnostik pada 367 siswa ditemukan 44,8% siswa mengalami miskonsepsi dengan kategori sedang, 28,8% siswa paham konsep, 24,7% siswa tidak paham konsep, dan 1,7% siswa mengalami error. Presentase miskonsepsi tertinggi didapatkan pada konsep keanekaragaman hayati di belahan dunia lainya sebesar 50,2% dan miskonsepsi terendah didapatkan pada konsep pengaruh manusia terhadap ekosistem sebesar 39,9%. Jika dilihat dari urutan penyebab miskonsepsi tertinggi hingga terendah yaitu: 1) pemikiran pribadi, 2) guru, 3) buku, 4) teman, 5) internet.


Ketersediaan
46-UN57.U1-SI-VII-2024IPA FEB I 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA FEB I 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XVI;217HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik