Text
SKRIPSI “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN EKSPERIMEN VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA”
ABSTRAK
Arini, Intan. 2024. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Eksperimen Virtual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: penguasaan konsep, kooperatif tipe jigsaw, eksperimen virtual Penguasaan konsep merupakan penerapan hubungan konsep dengan lainnya untuk dapat mengetahui makna secara ilmiah atau konsep dengan teori sehingga dapat diterapkan untuk pemecahan masalah. Pentingnya penguasan konsep sains bertolak belakang dengan kondisi yang ada. Salah satu model pembelajaran yang mampu memberikan kebermaknaan dalam penguasaan konsep sains yaitu kooperatif tipe jigsaw. Akan tetapi, model ini belum mampu melatih siswa untuk mengkonstruksi konsep sains melalui penggunaan eksperimen virtual dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis peningkatan penguasaan konsep siswa SMP pada pembelajaran IPA setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan kegiatan eksperimen virtual. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Magelang, sebagai sampel yaitu kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes bentuk pilihan ganda sebanyak 18 soal yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji signifikasi terdiri dari uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney, uji N-Gain. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji Wilcoxon untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol antara nilai pretest dan posttest hasilnya sama yaitu 0,00 < 0,05, yang artinya adanya perbedaan. Hasil uji Mann Whitney pada nilai pretest yaitu 0,322 > 0,05, yang artinya tidak ada perbedaan, sedangkan pada nilai posttest hasilnya 0,016 < 0,05, yang artinya adanya perbedaan. Pada hasil uji N Gain kelas eksperimen sebesar 0,67 kategori sedang, sedangkan kelas kontrol hanya 0,60 kategori sedang, yang artinya mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa lebih tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan eksperimen virtual dapat meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa kelas VIII SMP pada topik optik dan cahaya
39-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA ARI I 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain