PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) TERINTEGRASI EKSPERIMEN VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN MISKONSEPSI MATERI CAHAYA

FADIA RISMA AFRISIA SALSABILA - Nama Orang;

ABSTRAK
Salsabila, Fadia Risma. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) Terintegrasi Eksperimen Virtual untuk Menurunkan Miskonsepsi Materi Cahaya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Siswanto, M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Two Stay-Two Stray, miskonsepsi, penurunan Miskonsepsi merupakan kesalahpahaman sesuatu dalam menghubungkan antar konsep, konsep tersebut terdiri dari konsep yang sudah terdapat keyakinan pribadi siswa dengan konsep baru (Inggit dkk., 2021). Hal tersebut yang mengakibatkan munculnya konsep yang tidak benar serta bertentangan terhadap konsep ilmuan. Miskonsepsi tersebut sangatlah berpengaruh kepada hasil belajar siswa (Mukhlisa, 2021). Miskonsepsi sering terjadi pada pembelajaran IPA yaitu ketidak cocokan konsep yang dipahami dengan konsep ahli. Miskonsepsi ini terjadi karena guru menjadi faktor utama, masih terpaku pada teori, dan siswa yang kurang aktif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penurunan miskonsepsi siswa materi cahaya setelah diterapkan model pembelajaran TS-TS terintegrasi eksperimen virtual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experimen dengan jenis pendekatan kuantitatif bentuk nonequivalen control group desaign. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid, dengan sampel kelas VIII G kelas kontrol 1, VIII E kelas kontrol 2 dan VIII H kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan sebanyak 11 soal berbentuk four tier diagnostic yang sebelumnya telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA, uji Posh Hoc, uji beda penurunan miskonsepsi tiap kelas, hasil pergeseran miskonsepsi tiap konsep, dan uji penurunan kuantitas miskonsepsi. Hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa nilai pretest tidak terdapat perbedaan dengan Sig. 0,105 > 0,05, namun nilai postest terdapat perbedaan dengan Sig. 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji lanjutan Posh Hoc dapat diketahui nilai postest kelas kontrol 1 dan 2 memiliki perbedaan dengan kelas eksperimen yang signifikan yaitu Sig. 0,000 < 0,05, sedangkan untuk kelas kontrol 1 dan 2 tidak memiliki perbedaan Sig. 0,884. Pada hasil pergeseran miskonsepsi setiap konsep, semua konsep mengalami penurunan yang ditunjukkan pada uji penurunan miskonsepsi tiap kelas antara nilai pretest dan postest yang berbeda yaitu dengan Sig. 0,000 < 0,05. Penurunan kuantitas miskonsepsi pada siswa tertinggi pada kelas eksperimen yaitu 0,72 dengan kategori tinggi, kelas kontrol 2 yaitu 0,55 dengan kategori sedang, dan kelas kontrol 1 0,52 dengan kategori sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang tinggi pada penerapan model pembelajaran TS-TS terintegrasi eksperimen virtual terhadap miskonsepsi.


Ketersediaan
48-UN57.U1-SI-VII-2024IPA SAL P 2024Ruang Skripsi (IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SAL P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;332HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik