PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI ANALISIS PERUBAHAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SETELAH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK

ADELA NOVITA ZAHRA - Nama Orang;

ABSTRAK
Zahra, Adela Novita. 2024. “Analisis Perubahan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA Setelah Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Isu Sosiosaintifik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, Kemampuan pemecahan masalah, Isu sosiosaintifik Kemampuan pemecahan masalah ini penting dikuasai oleh siswa karena diperlukan dalam proses pembelajaran untuk mengasah kemampuan berpikir siswa dan diperlukan untuk mengatasi permasalahan dalam kehidupan nyata. Model pembelajaran yang relevan untuk mengatasi rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang disebut juga dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadukan dengan isu sosiosaintifik. Penggunaan model PBL ini dapat membuat pembelajaran di dalam kelas lebih relevan dengan permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran PBL berbasis isu sosiosaintifik pada kemampuan pemecahan masalah siswa dan mengetahui perubahan pola pemecahan masalah setelah diterapkannya model PBL berbasis isu sosiosaintifik. Jenis penelitian ini yaitu mixed method dengan menggunakan model concurrent triangulation. Metode eksperimen dalam penelitian kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pre-eksperimental berupa one-group pretestposttest design. Hasil dari uji normalitas menunjukkan hasil nilai signifikansi yang lebih besar dari 0,05, yang berarti data yang diperoleh berdistribusi normal. Pada uji paired sample t-test didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga dapat diartikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai N-Gain yang dihasilkan sebesar 0,5541 yang masuk ke dalam kategori sedang. Adapun hasil dari wawancara yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan pola yang digunakan siswa dalam menjawab pertanyaan pretest dan posttest. Hasil temuan pola tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis isu sosiosaintifik efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa dilihat dari perolehan nilai pada uji paired sample t-test dan uji N-Gain. Terdapat temuan enam pola yang digunakan oleh siswa dalam menjawab pretest dan posttest


Ketersediaan
47-UN57.U1-SI-VII-2024IPA ZAH A 2024Ruang Skripsi (IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ZAH A 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;237HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik