Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ERP (ENGAGE, RESEARCH, AND PRESENT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMP
ABSTRAK
Rahmawati, R. A. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran ERP (Engage, Research, and Present) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, M.Sc., Pembimbing II Dr. Siswanto, M.Pd.
Kata Kunci: Engage, Research, and Present (ERP), keterampilan berpikir kritis, pembelajaran berbasis riset Pelaksanakan pembelajaran IPA di SMP Negeri 4 Magelang mempunyai permasalahan utama yaitu keterampilan berpikir siswa yang masih rendah yang ditandai dengan hasil analisis nilai ASAS semester ganjil pada indikator keterampilan berpikir kritis masih tergolong rendah. Hal ini diindikasikan bahwa siswa masih kesulitas dalam mengidentifikasi benar atau tidaknya informasi yang didapat dan mencari solusi dari permasalahan. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang sesuai sehingga keterampilan berpikir siswa menjadi meningkat. Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimanakah efektivitas model pembelajaran ERP untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Sehingga dapat dirumuskan tujuan penelitian ini yakni menganalisis keefektifan model pembelajaran ERP dalam meningkatkan keteramplan berpikir kritis . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental digunakan dalam bentuk desain non equivalent control group desain. Penelitian ini melibatkan siswa yang berada di kelas VIII SMP Negeri 4 Magelang sejumlah 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran ERP efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, seperti yang ditunjukkan oleh hasil uji t-Test independen yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,011 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Peningkatan keterampilan berpikir kritis (N-gain) sebesar 0,68 pada kelas yang menerapkan model ERP dan 0,54 pada kelas yang menerapkan model pembelajaran discovery learning dengan kategori peningkatan sedang. Jadi, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis.
50-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA RAH E 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain