Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAPPS (THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
ABSTRAK
Atmasari, Valentina. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, M.Pd.
Kata Kunci: keefektifan, model TAPPS, kemampuan berpikir kritisMenurut pandangan pendidikan nasional abad ke-21, terdapat beragam keterampilan yang penting dimiliki siswa, diantaranya yaitu keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis memungkinkan siswa membuat makna dari informasi untuk memecahkan permasalahan. Keterampilan ini diperlukan untuk mengatasi tantangan dan berkomunikasi efektif serta membuat keputusan yang rasional dan valid. Faktanya, keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Hal tersebut terjadi karena guru cenderung menerapkan model dan pendekatan pembelajaran konvensional, sehingga tidak mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model TAPPS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian quasi experimental dan mengaplikasikan non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Secang dengan sampel kelas VIIID yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA yang digunakan sebagai kelas kontrol. Purposive sampling adalah metode pengumpulan sampel yang digunakan. Penelitian ini menggunakan soal uraian sejumlah enam soal yang validitas dan reliabilitasnya telah diuji. Teknik analisis data penelitian ini yaitu uji t independent sample t-test dan uji N-Gain.Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda dengan hasil uji t independent sample t-test yaitu 0,000
49-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA ATM P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain