PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAPPS (THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

VALENTINA ATMASARI - Nama Orang;

ABSTRAK
Atmasari, Valentina. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, M.Pd.
Kata Kunci: keefektifan, model TAPPS, kemampuan berpikir kritisMenurut pandangan pendidikan nasional abad ke-21, terdapat beragam keterampilan yang penting dimiliki siswa, diantaranya yaitu keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis memungkinkan siswa membuat makna dari informasi untuk memecahkan permasalahan. Keterampilan ini diperlukan untuk mengatasi tantangan dan berkomunikasi efektif serta membuat keputusan yang rasional dan valid. Faktanya, keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Hal tersebut terjadi karena guru cenderung menerapkan model dan pendekatan pembelajaran konvensional, sehingga tidak mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model TAPPS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian quasi experimental dan mengaplikasikan non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Secang dengan sampel kelas VIIID yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA yang digunakan sebagai kelas kontrol. Purposive sampling adalah metode pengumpulan sampel yang digunakan. Penelitian ini menggunakan soal uraian sejumlah enam soal yang validitas dan reliabilitasnya telah diuji. Teknik analisis data penelitian ini yaitu uji t independent sample t-test dan uji N-Gain.Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda dengan hasil uji t independent sample t-test yaitu 0,000


Ketersediaan
49-UN57.U1-SI-VII-2024IPA ATM P 2024Ruang Skripsi (IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ATM P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;164HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik