PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READING, MIND MAPPING, AND SHARING (RMS) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP

ERA LESTARI - Nama Orang;

ABSTRAK
Lestari, Era. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, M.Pd.Penguasaan konsep adalah landasan berpikir yang penting dalam pemecahan masalah pada proses pembelajaran IPA maupun permasalahan yang ada dalam kehidupan nyata. Pentingnya penguasaan konsep IPA bertolak belakang dengan kondisi yang ada saat ini. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya observasi hasil belajar dan wawancara dengan guru IPA di SMP Negeri 1 Windusari. Rata-rata nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) yang dicapai siswa dalam pembelajaran IPA hanya berkisar 53 sedangkan batas minimum yang seharusnya dicapai siswa adalah 75. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penguasaan konsep IPA siswa SMP setelah menerapkan model pembelajaran Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design, melibatkan kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji signifikansi yang meliputi uji N-Gain dan uji Independent Sample T-test. Hasil uji N-Gain pada kelas ekperimen sebesar 0,7 dengan kategori tinggi, sedangkan nilai N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,6 dengan kategori sedang, menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran RMS lebih besar dari model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Hasil uji Independent Sample T-test sebesar 0,001< 0,05 yang artinya terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa dengan penerapan model pembelajaran RMS.
Kata Kunci: reading, mind mapping, sharing, penguasaan konsep


Ketersediaan
52-UN57.U1-SI-VII-2024IPA LES P 2024Ruang Skripsi (IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA LES P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;145HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik