Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READING, MIND MAPPING, AND SHARING (RMS) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP
ABSTRAK
Lestari, Era. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, M.Pd.Penguasaan konsep adalah landasan berpikir yang penting dalam pemecahan masalah pada proses pembelajaran IPA maupun permasalahan yang ada dalam kehidupan nyata. Pentingnya penguasaan konsep IPA bertolak belakang dengan kondisi yang ada saat ini. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya observasi hasil belajar dan wawancara dengan guru IPA di SMP Negeri 1 Windusari. Rata-rata nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) yang dicapai siswa dalam pembelajaran IPA hanya berkisar 53 sedangkan batas minimum yang seharusnya dicapai siswa adalah 75. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penguasaan konsep IPA siswa SMP setelah menerapkan model pembelajaran Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design, melibatkan kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji signifikansi yang meliputi uji N-Gain dan uji Independent Sample T-test. Hasil uji N-Gain pada kelas ekperimen sebesar 0,7 dengan kategori tinggi, sedangkan nilai N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,6 dengan kategori sedang, menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran RMS lebih besar dari model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Hasil uji Independent Sample T-test sebesar 0,001< 0,05 yang artinya terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa dengan penerapan model pembelajaran RMS.
Kata Kunci: reading, mind mapping, sharing, penguasaan konsep
52-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA LES P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain