Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUE TERINTEGRASI MODEL ADI UNTUK MENINGKATKAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMP
ABSTRAK
Rahayu, P. A. (2024). “Pengembangan Modul Modul Pembelajaran Berbasis Socioscientific Issue Terintegrasi Model ADI untuk Meningkatkan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP ”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Advisor II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Socioscientific Issue, Model ADI, Argumentsi Ilmiah.
Pentingnya keterampilan argumentasi ilmiah yang diimplementasikan kepada siswa dalam proses pembelajaran IPA untuk menciptakan penalaran yang masuk akal, pandangan atau perspektif yang jelas, serta dapat menjelaskan sesuatu yang dipelajari secara rasional. Penerapan argumentasi ilmiah dalam sistem pembelajaran masih tergolong rendah disebabkan oleh kurangnya pengalaman belajar yang dimiliki siswa dan posisi guru yang terlalu mendominasi dalam pembelajaran. Pengembangan bahan ajar seperti modul pembelajaran menjadi salah satu langkah untuk membantu siswa dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Permasalahan tersebut dapat diatasi salah satunya melalui pengembangan modul pembelajaran berbasis socioscientific issue terintegrasi model ADI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, serta kepraktisan dari modul pembelajaran berbasis socioscientific issue terintegrasi model ADI. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE. Modul yang dikembangkan kemudian diimplementasikan di SMP Negeri 2 Mertoyudan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII A dan VII C berjumlah masing-masing kelas 32 siswa. Teknik pengambilan data secara purposive sampling mengunakan desain independent sample t-test. Hasil penelitian kevalidan modul oleh ahli mendapat skor sebesar 0,816 dengan kategori sangat valid. Keefektifan penggunaan modul dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa mendapat nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,6208 serta kelas kontrol sebesar 0,5025 dengan kategori sedang. Kepraktisan modul pembelajaran berbasis socioscientific issue terintegrasi model ADI berdasarkan hasil jawaban angket respon siswa. Respon siswa terhadap penggunaan modul pembelajaran memperoleh presentase nilai sebesar 79% dengan kategori praktis. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu modul pembelajaran berbasis socioscientific issue terintegrasi model ADI yang dikembangkan layak untuk digunakan untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa.
53-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA RAH P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain