PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI INTEGRASI MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP

YUKI LUCIANA - Nama Orang;

ABSTRAK
Luciana, Yuki. 2024. “Integrasi Media Audiovisual dalam Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengatahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Media Audiovisual.
Dalam kehidupan, manusia dituntut untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dalam proses pemecahan masalah tersebut membutuhkan suatu metode, salah satunya dengan menggunakan metode ilmiah yang erat hubungannya dengan peran IPA. Mata pelajaran IPA adalah salah satu mata pelajaran yang mengutamakan adanya kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis dapat ditingkat melalui model pembelajaran yang menekankan pada partisipasi peserta didik dan menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran, model pembelajaran yang mengutamakan kedua aspek tersebut salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Namun karena dalam penerapannya, model pembelajaran PBL masih mengalami banyak tantangan yang berkaitan dengan peserta didik yang memiliki perbedaan gaya belajar satu sama lain, maka diperlukan suatu media pembantu yang dapat memfasilitasi gaya belajar peserta didik salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PBL media audiovisual terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji ANOVA menghasilkan nilai 0.022 yang menujukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen 2 mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0.5184 dengan kategori sedang, pada kelas eksperimen 1 mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0.2280 dengan kategori rendah dan pada kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0.1784 dengan kategori rendah. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL media audiovisual berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.


Ketersediaan
54-UN57.U1-SI-VII-2024IPA LUC I 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA LUC I 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;205HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik