Text
SKRIPSI INTEGRASI MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP
ABSTRAK
Luciana, Yuki. 2024. “Integrasi Media Audiovisual dalam Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengatahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Media Audiovisual.
Dalam kehidupan, manusia dituntut untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dalam proses pemecahan masalah tersebut membutuhkan suatu metode, salah satunya dengan menggunakan metode ilmiah yang erat hubungannya dengan peran IPA. Mata pelajaran IPA adalah salah satu mata pelajaran yang mengutamakan adanya kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis dapat ditingkat melalui model pembelajaran yang menekankan pada partisipasi peserta didik dan menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran, model pembelajaran yang mengutamakan kedua aspek tersebut salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Namun karena dalam penerapannya, model pembelajaran PBL masih mengalami banyak tantangan yang berkaitan dengan peserta didik yang memiliki perbedaan gaya belajar satu sama lain, maka diperlukan suatu media pembantu yang dapat memfasilitasi gaya belajar peserta didik salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PBL media audiovisual terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji ANOVA menghasilkan nilai 0.022 yang menujukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen 2 mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0.5184 dengan kategori sedang, pada kelas eksperimen 1 mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0.2280 dengan kategori rendah dan pada kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0.1784 dengan kategori rendah. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL media audiovisual berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
54-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA LUC I 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain