Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA
ABSTRAK
Khoirunisa, Umi. 2022. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan STEM Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa”. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S. Pd., M. Sc., Pembimbing II Siswanto, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci : Model PBL, STEM, Literasi Sains
Pembelajaran yang semula berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa serta dengan basis fakta kini berubah ke pembelajaran berbasis masalah atau proyek merupakan salah satu ciri pendidikan di abad ke-21. Adapun tujuan utama pendidikan abad 21 ialah membekali siswa dengan kemampuan abad 21. Literasi sains merupakan salah satu kemampuan abad 21 yang perlu dimiliki dan dikuasai siswa. Akan tetapi, hasil PISA pada tiga periode terakhir menunjukkan rendahnya literasi sains di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan literasi sains siswa di SMP Negeri 2 Salam melalui penerapan model PBL (Problem Based Learning) dengan pendekatan STEM.
Metode quasi experimental dengan nonequivalent control group design digunakan dalam penelitian ini. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Salam, dengan sampelnya kelas VIII E dan kelas VIII F. Hasil sampel tersebut diperoleh menggunakan teknil purposive sample dengan ketentuan-ketentan tertentu. Selanjutnya, soal pilihan ganda digunakan sebagai instrumen tes yang digunakan untuk mengukur peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Dalam pengukurannya, diperlukan teknik analisis data yang meliputi Uji n-Gain, uji prasyarat, uji Mann Whitney, dan uji effect size.
Peningkatan kemampuan literasi sains siswa di SMP Negeri 2 Salam merupakan hasil dari penelitian ini. Hasil tersebut dibuktikan melalui uji Mann whitney dengan Asymp.Sig. 0,029 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Selain itu, uji effect size menunjukkan bahwa hasil dari penerapan model PBL dengan pendekatan STEM berada pada kriteria efek sedang terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa di SMP Negeri 2 Salam.
56-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA KHO P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain