PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

FANCA RIMANDA AYU - Nama Orang;

ABSTRAK
Ayu, F. R. 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Keterampilan berargumentasi adalah keterampilan untuk mengemukakan alasan baik dalam memperkuat atau menolak suatu permasalahan yang terdiri atas aspek klaim, data, pembenaran, dan dukungan Argumentasi penting dilibatkan dalam pembelajaran sains karena membentuk suatu pengetahuan ilmiah. Pentingnya keterampilan berargumentasi bertolak belakang dengan kondisi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran learning cycle 7E untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis nonequivalent control group design. Populasinya yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP N 11 Kota Magelang. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang dipilih secara purpose sampling yaitu kelas VII E sebagai kelas kontrol dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen. Instrumen pada penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk uraian sebanyak 8 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data didapatkan bahwa hasil uji Independent Sample t-Test sebesar 0,000 yang menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan setelah diberikan adanya perlakuan. Hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,65 yang termasuk berkategori sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran learning cycle 7E efektif untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi peserta didik.
Kata kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Keterampilan Berargumentasi, Keefektifan


Ketersediaan
55-UN57.U1-SI-VII-2024IPA AYU K 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA AYU K 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;156HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULLTEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik