Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INSTAD (INQUIRY STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP
ABSTRAK
Wardani, K. A. 2024. “Implementasi Model Pembelajaran INSTAD (Inquiry Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, M.Sc.
Kata kunci: Inquiry Student Team Achievement Division, Keterampilan Berpikir Kritis, Model PembelajaranBerpikir kritis adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik pada abad 21. Peningkatan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik dapat melalui pembelajaran yang menjadikan peserta didik sebagai pusatnya, salah satunya dengan pembelajaran INSTAD (Inquiry Student Team Achievement Divition). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model INSTAD dapat meningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan tipe non equivalent control group design. Hasil penelitian membuktikan model INSTAD mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hal tersebut terlihat dari hasil uji T sebesar 0,000 yang artinya terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis antara kedua kelas. Hasil uji N-gain kelas eksperimen diperoleh nilai 0,54 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai 0,25 (kategori rendah). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran INSTAD memberikan dampak lebih signifikan pada peningkatan keterampilan berpikir kritis.
64-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA WAR I 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain