PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INSTAD (INQUIRY STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

KHARISMA AULIA WARDANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Wardani, K. A. 2024. “Implementasi Model Pembelajaran INSTAD (Inquiry Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, M.Sc.
Kata kunci: Inquiry Student Team Achievement Division, Keterampilan Berpikir Kritis, Model PembelajaranBerpikir kritis adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik pada abad 21. Peningkatan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik dapat melalui pembelajaran yang menjadikan peserta didik sebagai pusatnya, salah satunya dengan pembelajaran INSTAD (Inquiry Student Team Achievement Divition). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model INSTAD dapat meningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan tipe non equivalent control group design. Hasil penelitian membuktikan model INSTAD mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hal tersebut terlihat dari hasil uji T sebesar 0,000 yang artinya terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis antara kedua kelas. Hasil uji N-gain kelas eksperimen diperoleh nilai 0,54 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai 0,25 (kategori rendah). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran INSTAD memberikan dampak lebih signifikan pada peningkatan keterampilan berpikir kritis.


Ketersediaan
64-UN57.U1-SI-VII-2024IPA WAR I 2024Ruang Skripsi (IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA WAR I 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIII;146HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik