Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY MENGGUNAKAN EKSPERIMEN VIRTUAL UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA PADA TOPIK ALAT OPTIK
ABSTRAK
Nurhayati, Syafira. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Menggunakan Eksperimen Virtual Untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa Pada Topik Alat Optik. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Miskonsepsi, guided inquiry, eksperimen virtual, simulasi PhETMiskonsepsi merupakan pandangan yang salah terhadap konsep pemahaman siswa yang tidak selaras terhadap konsep para ahli. Kebanyakan kesalahpahaman sulit diubah dan bertahan lama. Pandangan yang salah ini sulit diperbaiki karena persepsi siswa terhadap pengalamannya secara langsung akan tertanam di dalam diri siswa dan mengakibatkan siswa menyakini bahwa konsep tersebut merupakan konsep yang benar meskipun yang sebenarnya konsep tersebut salah. Model pembelajaran guided inquiry adalah metode yang berpusat pada kegiatan untuk menyelidiki dan menjelaskan keterkaitan antar peristiwa dan objek. Simulasi virtual digunakan untuk kegiatan pembelajaran, yang berperan sebagai pengganti alat praktikum yang tidak dapat digunakan langsung, adanya keterbatasan alat, serta dapat membantu untuk meminimalkan resiko kecelakaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis adanya perbedaan pengurangan miskonsepsi siswa pada konsep alat optik setelah diterapkannya model pembelajaran guided inquiry menggunakan eksperimen virtual. Penelitian yang dilakukan menggunakan quasi experimental design dengan non-equivalent control group design. Penelitian dilakukan kepada dua kelas sampel SMP N 7 Kota Magelang dengan menggunakan instrumen berupa soal tes four tier yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji penurunan kuantitas siswa yang mengalami miskonsepsi, dan uji T. Hasilnya, terdapat pengurangan miskonsepsi siswa kelas pada eksperimen dan kelas kontrol.
66-UN57.U1-SI-VIII-2024 | IPA NUR P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain