Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER GLOBAL CITIZEN SISWA
ABSTRAK
Setianingsih, Irma. 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Socioscientific Issues dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Global Citizen Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Sociocientific Issues, Kemampuan Berpikir Kritis, Karakter Global Citizen
Perkembangan pembelajaran IPA menjadi sebuah hal yang perlu diperhatikan untuk menghadapi permasalahan yang muncul. Kemampuan berpikir kritis dan karakter global citizen menjadi kemampuan yang perlu dimiliki untuk menghadapi permasalahan yang muncul. Berdasarkan penelitian terdahulu, kemampuan siswa dalam berpikir kritis masih berada pada kategori rendah serta pengetahuan siswa mengenai global citizen masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran inkuiri berbasis SSI dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter global citizen siswa, serta mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan karakter global citizen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan desain non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Perbedaan yang signifikan ditunjukkan berdasarkan hasil analisis data pada uji T yaitu sebesar
61-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA SET K 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain