PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA

IKA AGUSTINA - Nama Orang;

ABSTRAK
Agustina, I. (2024). “Keefektifan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran IPA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar : Pembimbing I Eli Trisnowati, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Scaffolding, Berpikir kreatif.
Di Sekolah Menengah Pertama, pengajaran sains memerlukan metode yang dapat membantu siswa menjadi lebih kreatif. Model pembelajaran PBL merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dengan strategi scaffolding. PBL memungkinkan siswa untuk belajar dengan memecahkan masalah kehidupan sehari-hari, sedangkan scaffolding memberikan bantuan dan dukungan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian tentang seberapa efektif model PBL dengan metode scaffolding dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model problem based learning dengan metode scaffolding untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP pada pembelajaran IPA. Penelitian kuantitatif ini adalah jenis quasi eksperimen dengan desain kontrol grup desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Magelang. Sampel penelitian meliputi kelas VIII G sebagai kelas eksperimen I, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen II, dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi instrumen tes. Instrumen tes berupa tes esai sebanyak 7 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data keterampilan berpikir kreatif pada uji anava satu jalur menunjukkan data < 0,05 yaitu sebesar 0,00 artinya ada perbedaan nilai yang signifikan dari ketiga kelas tersebut. Nilai N-gain eksperimen I dengan model PBL sebesar 0,48 termasuk dalam kategori sedang; nilai N-gain eksperimen II dengan PBL dipadukan metode scaffolding sebesar 0,63 termasuk dalam kategori sedang; dan nilai N-gain eksperimen kontrol dengan model pembelajaran langsung sebesar 0,27 termasuk dalam kategori rendah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model problem based learning dengan metode scaffolding dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif.


Ketersediaan
60-UN57.U1-SI-VII-2024IPA AGU K 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA AGU K 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;268HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULLTEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik