Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
ABSTRAK
Zohana, Maretha. 2024. “Pengembangan E-Modul berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: E-Modul IPA, E-Modul Berbasis Guided Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis.
Salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa di abad 21 adalah keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 6 Jakarta terdapat permasalahan yairu belum adanya bahan ajar (modul) yang menunjang keterampilan berpikir kritis siswa. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan melalui kegiatan ilmiah yang didalamnya sudah terintegrasi dengan model pembelajaran, salah satunya adalah guided inquiry. Sehingga perlu dikembangkan e-modul bersifat integratif dengan tampilan yang menarik dan diintegrasikan dengan metode pendekatan pembelajaran guided inquiry. Pengembangan e-modul didukung dengan kondisi dan fasilitas sekolah.
Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan bahan ajar e-modul IPA yang valid, efektif dan praktis digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam belajar IPA. E-modul dibuat dengan pendekatan guided inquiry pada materi kalor dan perpindahannya.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Data yang dikumpulkan berupa data kulitatif dan kuantitatif melalui kuisioner validitas, kepraktisan dan tes keterampilan berpikir kritis. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VII sebanyak 26 siswa.
Hasil penelitian mendapatkan kevalidan e-modul oleh ahli menunjukkan total rata-rata penilaian 93,45 dengan kriteria sangat valid. Keefektifan e-modul berdasarkan hasil uji paired sample t-test memperoleh sig. 0.000 dimana terdapat perbedaan hasil pretest-posttest keterampilan berpikir kritis sebelum dan setelah menggunaan e-modul. Peningkatan hasil pretest-posttest melalui uji N-Gain memperoleh nilai 0,70 dengan kriteria tinggi. Kepraktisan e-modul memperoleh hasil persentase siswa 91,54% dan hasil kepraktisan guru memperoleh nilai 96% yang termasuk dalam kategori praktis.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu e-modul berbasis guided inquiry telah memenuhi kevalidan, keefektifan dan kepraktisan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Saran dari penelitian ini diharapkan adanya pengembangan e-modul yang lebih baik guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis.
58-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA ZOH P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain