Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA SMP
ABSTRAK
Shofwani, Putri Amalia. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Perkembangan dunia serta perubahan yang terjadi saat ini yaitu menuju era digital membuat setiap orang harus dapat menguasai berbagai keterampilan abad 21 salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang diperlukan pada proses pemecahan masalah. Hasil PISA tahun 2022 menunjukkan bahwa Indonesia mengalami penurunan skor rata-rata dan menunjukkan bahwa tingkat keterampilan berpikir HOTS di Indonesia masih rendah. Data lain yang diperoleh dari pengamatan awal di SMP Muhammadiyah 1 Wonosobo ditemukan keterampilan berpikir kritis pada siswa masih rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis. Salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan laboratorium virtual.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran PBL berbantuan laboratorium virtual untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis IPA siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian berupa nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini menggunakan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Wonosobo dan dipilih 2 kelas untuk dijadikan sebagai sampel yaitu kelas VIII A dan kelas VIII F. Proses sampling yang dilakukan yaitu teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes keterampilan berpikir kritis berupa soal pretest dan posttest.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi pada uji independent sample t test sebesar 0,002. Uji n-gain memperoleh hasil bahwa keterampilan berpikir kritis pada siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan sebelum dan setelah diberi perlakuan dengan nilai sebesar 0,64 yang masuk dalam kategori sedang. Uji effect size memperoleh hasil sebesar 0,58 dan masuk dalam kategori sedang. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL berbantuan laboratorium virtual efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis IPA siswa SMP.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Laboratorium Virtual, Keterampilan Berpikir Kritis
57-UN57.U1-SI-VII-2024 | IPA SHO P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain